PKL Pasar Lematang Segera Direlokasi

Daerah  KAMIS, 13 JUNI 2019 , 20:34:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

PKL Pasar Lematang Segera Direlokasi
RMOLSumsel. Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di depan, bahu kiri dan kanan Pasar Lematang akan direlokasi. Mereka dipindahkan ke tempat berjualan di lantai dua Pasar Lematang itu.

Bukan hanya pedagang yang direlokasi, tetapi parkir kendaraan dan masalah sampah juga dibenahi sehingga pasar tertua di Kota Lahat itu tidak semerawut lagi.

"Digratiskan retribusi selama enam bulan kedepan, asalkan mereka berkerja sama direlokasi ke lantai dua,” kata Sespemkab Lahat, Junarsyah Hambali yang meninjau kondisi pasar itu, Kamis (13/6).

Januarsyah mengutarakan, beberapa kios yang kosong akan diperbaiki, dibersihkan sehingga pedagang merasa nyaman menjajakan dagangnya.
Memang dilihat dari dekat begitu semerawut sekali, disinilah akan kita tertibkan dan ditata ulang, sehingga program kerja kepala daerah Lahat Ber-CAHAYA, betul-betul berjalan,” tutur Januarsyah.
Untuk itu Januarsyah meminta kepada Dinas Perdagangan melalui UPTD, agar menyosialisasikan kepada pedagang, agar tertib, bersih dan rapi dilihat dari luar, termasuk instansi terkait lainnya.

Nantinya, baru kita ajak bertatap muka perwakilan PKL, dicarikan formulasi tepat sehingga sama-sama tidak ada dirugikan,” bebernya.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat Sukaca mengemukakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan pedagang-pedagang yang berjualan  di sekitar  Pasar Lematang.

Kita akan berkomunikasi, koordinasikan kepada pedagang, sehingga mereka memahami dan mengerti,” ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, Misri menyampaikan, terkait dengan sampah berserakan dimana-mana, maka pihaknya akan distandbykan satu unit kendaraan sampah. Sehingga sisa sampah dari jualan, langsung dibuang ke armada sampah yang disiapkan.

Sedangian Plt Kepala Dinas Perhubungan Lahat, Indaharmansyah mengemukakan, setelah PKL sudah ditertibkan, maka, areal-areal tersebut akan dibuatkan petak-petak. Dibuatkan garis khusus bagi kendaraan roda dua dan empat, sehingga lebih tertib dan rapi. [ida]




Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00