Masuk Empat Besar Kota Kreatif, Pemkot Palembang Gelar FGD

Ekonomi  RABU, 12 JUNI 2019 , 21:20:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Masuk Empat Besar Kota Kreatif, Pemkot Palembang Gelar FGD

FGD Pemkot Palembang/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Program bantuan pinjaman modal kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) dan UMKM yang terus digulirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, membawa kota yang kini dipimpin Harnojoyo sebagai Walikota Palembang ini, menjadi salah satu kota kreatif di Indonesia.

Bahkan, kota pempek ini masuk sebagai salah satu nominasi 10 kota kreatif, yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia tahun 2019.

Dalam rangka persiapan paparan menuju 4 besar, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar Focus Grup Discussion (FGD) di Ruang Parameswara Setda Kota Palembang, Rabu (12/6/2019).

FGD yang dibuka langsung oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo ini bertujuan untuk menyusun dan menyepakati bahan presentasi yang akan dipresentasikan langsung di hadapan Bekraf di Jakarta pada 18 Juni 2019 mendatang.

"Alhamdulillah, Palembang masuk 10 besar kota kreatif di Indonesia, semoga dapat masuk empat besar, ini bukti bahwa Ekonomi kreatif kota Palembang berjalan cukup baik," ungkap Harnojoyo saat membuka FGD.

Dalam kesempatan itu, ia menekankan agar masuk empat besar bukan hal yang harus diutamakan, tapi yang paling penting dampak dari ekonomi kreatif itu sendiri.

"Empat besar bukan tujuan utama, tapi sarana untuk pengembangan yang lebih baik lagi, untuk apa kita masuk tapi dampaknya belum dirasakan oleh masyarakat, yang paling penting ekonomi kreatif benar-benar berjalan dan menimbulkan manfaat secara langsung dalam kehidupan masyarakat di Kota Palembang," tuturnya.

Harnojoyo mengatakan, saat ini Pemkot Palembang terus mendorong para Usaha Kecil Menengah (UKM) dan UMKM di Kota Palembang untuk terus berkembang agar ekonomi kreatif bisa diwujudkan.

"Salah satunya kita ada program bantuan pinjaman modal kepada UKM dan UMKM, bantuan modal ini tanpa bunga dan agunan, dimana bunga dan agunan sudah di subsidi oleh Pemerintah kota Palembang, dengan bantuan modal ini diharapkan semakin banyak tumbuh UKM dan UMKM di Palembang," ujarnya.

Sementara itu Deputi Infrastruktur Bekraf Republuk Indonesia, Slamet Aji Pamungkas mengatakan, Seleksi untuk mendapatkan 10 besar kabupaten / kota telah dilakukan pada tanggal 23-24 Mei 2019 yang lalu, dan terpilih 10 besar kab/kota yang dinyatakan lolos termasuk kota Palembang, untuk kemudian akan bersaing memperebutkan 4 besar kab/kota.

"Ke 10 kabupaten/kota tersebut adalah : Palembang, Gianyar, Malang, Balikpapan, Surakarta, Rembang, Denpasar, Kukar, Semarang, dan Majalengka. Selanjutnya masing-masing 10 kab/kota yang terpilih ini akan melakukan presentasi dan paparan," tandasnya.[sri]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00