Pekan Depan Anggaran Pilkada PALI Diajukan

Daerah  RABU, 12 JUNI 2019 , 18:32:00 WIB | LAPORAN: ARI WIBOWO

Pekan Depan Anggaran Pilkada PALI Diajukan

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Sebagai salah satu daerah yang bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020 mendatang, maka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mulai mempersiapkan diri guna menyambut pesta demokrasi tersebut.

Bahkan, diperkirakan minggu depan pihak KPUD PALI bakal mengajukan anggaran untuk pelaksanaan pilkada langsung ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI.

Ketua KPUD PALI, Fikri Ardiansyah mengatakan, saat ini pihaknya dalam hal ini Divisi Program dan Data sedang menyusun anggaran yang bakal diajukan ke Pemkab PALI.

"Saat ini anggarannya belum diajukan, karena masih tahap penyusunan dan akan dibahas di internal KPUD PALI dulu," katanya saat dibincangi diruang kerjanya, (12/6).

Diterangkannya, setelah pihaknya melakukan pembahasan, lalu diajukan ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPKAD) lalu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk dibahas dan disahkan.
   
"Untuk anggaran pilkada disuatu daerah murni menggunakan anggaran di daerah yang melaksanakan pilkada. Makanya pengajuan anggaran itu langsung ke pemerintah daerah dam dibahas di DPRD," Katanya.

Dia menjelaskannya, dalam penyusunan anggaran pilkada, pihaknya mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 44 tahun 2015 yang diperbaharui ke Permendagri No 51 tahun 2017 tentang pilkada langsung.

 "Jadi saat ini kita masih mengacu pada Pemendagri dan Peraturan KPU serta Peraturan Menteri Keuangan (PMK) belum ada aturan yang baru," jelasnya.

Setelah anggaran diajukan dan disetujui, maka Fikri menuturkan, pihaknya langsung melakukan tahapan persiapan untuk gelaran pilkada langsung.
 
"Kita perkirakan pada September mendatang tahapan persiapkan. Lalu pada Januari mulai masuk ke tahapan pilkada seperti penerimaan pendaftaran bakal calon dan lainnya. Dua bulan berikutnya tahapan kampanye dan pada September pelaksanaan pilkada," Jelasnya. [irm]


Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00