DPRD Sudah Dengar Wacana Memekarkan Palembang

Sosial  RABU, 12 JUNI 2019 , 11:30:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

DPRD Sudah Dengar Wacana Memekarkan Palembang
RMOLSumsel. Kembali mencuatnya wacana pemekaran Kota Palembang menjadi dua wilayah yakni Palembang Hulu mendapat respon beragam dari kalangan. Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) M Yansuri mengaku, pihaknya telah mendengar kabar pemekaran Kota Palembang sejak lama.

 

Dia mengibaratkan bagai seorang anak,  jika hendak berumah tangga harus mampu menjalani kehidupan sendiri dengan mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Begitupula halnya dengan upaya pemekaran Kota Palembang.

 

Kalau kita punya anak kita harus yakin dak anak kita bisa dewasa , begitu dia memisahkan diri, berumah tangga dia harus punya dapur sendiri , dia harus punya kehidupan sendiri, kalau dia terpisah tapi masih makan di rumah kito tidak mendidik,” kata Yansuri.

 

Menurutnya, pemekaran kota Palembang harus ada studi kelayakan dari berbagai pihak seperti akademisi, tokoh masyarakat dan ulama.


Kalau itu sudah siap kenapa tidak didukung, harus, malahan jadi baik,” katanya.


Dia berharap jangan sampai setelah pemekaran karena tidak bisa mandiri daerah tersebut kembali ke kabupaten atau kota induknya.


Banyak kejadian di daerah setelah pemekaran balik lagi, kita tidak ingin seperti itu, jadi sudah direncanakan, terprogram dan mantap , studi kelayakan dan dilihat benar memang ada kemampuan, income, hasilnya dari mana, kalau masih mengandalkan APBN, APBD Provinsi tidak kena,” katanya.


Namun dengan potensi yang ada di Palembang Ulu dia menilai belum bisa dikatakan ya atau tidak.

Penghasilan di sana harus jelas dulu, kalau kabupaten kota masih enak bisa tarik investor untuk pertanian, perkebunan, kehutanan dan sebagainya kalau di kota ini jasa , pajak kendaraan bermotor , mungkin tidak itu, kalau soal keamanan tidak masalah, jumlah penduduk tidak masalah, fasilitas lain sudah sangat memadai tapi untuk income harus di pelajari tentu orang-orang ahli, kasihan kalau terpisah,” katanya.

 

Sebelumnya Walikota Palembang, Harnojoyo meminta peninjauan mendalam terkait wacana pemekaran Kota Palembang menjadi Kabupaten Palembang Ulu.

 

Tentu saya mengapresiasi pendapat masyarakat, semangat dari pada pemekaraan adalah pembangunan supaya merata, kesejateraaan masyarakat, tentu akan menkaji potensi potensi tersebut. Pada prinsipnya apa yang dinginkan masyarakat untuk mensejahterakan, meratakan pembangunan itu,” katanya.


Namun, Harnojoyo tidak bisa berpendapat bahwa Palembang pantas untuk dimekarkan jadi dua bagian. Itu, kajian itu dilihat nanti bukan saya yang menilainya,” tukasnya.  [ida]


Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00