Wow.. Google Berbalik Dukung Huawei Kini

Ekonomi  SABTU, 08 JUNI 2019 , 07:51:00 WIB

Wow.. Google Berbalik Dukung Huawei Kini
RMOLSumsel. Ini kejutan. Setelah melaksanakan Perintah Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Google kini justru berpihak kepada Huawei. Padahal pekan lalu, Google mencabut lisensi Android untuk ponsel-ponsel baru Huawei.

Mengapa Google justru mendukung Huawei? Menurut kesimpulan Google, Huawei akan lebih berbahaya jika mereka terpaksa menggunakan Android versi modifikasi atau hybrid, lansir Financial Times.

Android versi modifikasi, lanjut Google, memiliki potensi lebih besar untuk diretas, bahkan tak cuma oleh China. Jadi, menurut Google, lebih baik Huawei tetap diperbolehkan menggunakan OS Android seperti biasa karena keamanannya lebih terjamin.

Diberitakan JPNN, Sabtu (8/6) bahwa asumsinya, dengan tidak adanya akses ke Android sehingga memaksa Huawei mengembangkan sistem operasi sendiri, yang bisa saja merupakan Android versi modifikasi yang meamnfaatkan Android Open Source Project (AOSP), tanpa menyertakan Google Play Services.

Artinya, tidak adanya Google Play Services maka salah satu layanan seperti Play Protect - antivirus untuk menyaring malware, virus dan ancaman keamanan lain tidak tersedia. Dengan demikian, ponsel tanpa Play Protect akan sangat mudah diretas.

Sayang, keterangan lebih banyak dari Google terkait pembelaannya kepada Huawei tidak dimuat secara gamblang di Financial Times.

Google bersama beberapa produsen perangkat lunak dilarang berbisnis dengan Huawei, pasalnya Huawei masuk dalam daftar hitam oleh pemerintah AS. Ini artinya Google tak bisa menyediakan berbagai layanannya, termasuk Android dan dukungan terhadap sistem operasi tersebut. [ida]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00