Ini Hasil Penggeledahan Rumah Tersangka Bom Bunuh Diri

Kriminal  SELASA, 04 JUNI 2019 , 13:44:00 WIB

Ini Hasil Penggeledahan Rumah Tersangka Bom Bunuh Diri

NET

RMOLSumsel. Polisi menggeledah rumah pelaku bom bunuh diri di depan pos pantau mudik Lebaran 2019 di Kartasura, Sukaharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6) dini hari. Pelaku yang berinisial RA bertempat tinggal di Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura.

Kepala Desa Wirogunan Marjono yang turut menyaksikan penggeledahan menuturkan, RA adalah putra pasangan Muhtadi dan Sukinem. Menurutnya, polisi membawa sejumlah barang bukti dari lemari pakaian pelaku.

Beberapa barang yang diamankan polisi antara lain bubuk belerang, arang kayu, kabel-kabel kecil, baterai ponsel, serta switch saklar on-off. Ada juga pipa besi atau alumunium sebesar jari tangan,” kata Marjono.

Lebih lanjut Marjono mengatakan, perbuatan RA tanpa sepengetahuan kedua orang tuanya yang punya kesibukan sendiri-sendiri. Muhtadi adalah penjahit, sedangkan Sukinem punya usaha.

”Sehingga keduanya kurang mengetahui seluruh kegiatan RA ini," papar kades

RA membawa bom dan meledakannya di depan Pospam Lebaran 2019 yang terletak di simpang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (3/6) malam pukul 23.00. Namun, pelaku masih hidup.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memastikan sumber ledakan adalah bom yang dibawa pelaku. Bom itu meledak tepat di pintu masuk Pospol Satlantas Polres Sukoharjo di pertigaan tugu Kartasura, Sukoharjo. Satu orang jadi korban yang juga diduga sebagai pelaku itu sendiri,” ujarnya.

Menurut Rycko, ada tujuh polantas yang tengah bertugas saat pelaku beraksi di Pertigaan Kartasura yang menjadi pertemuan jalan menuju Solo, Yogyakarta dan Semarang. Tiga polantas turun di lapangan mengatur lalu lintas, sedangkan empat lainnya di dalam pos.

Pelaku dalam kondisi kritis akibat luka parah pada bagian perut akibat terkena bahan peledak dan serpihan. Sesuai prosedur penyelidikan, kami sedang olah tempat kejadian perkara untuk menentukan jenis bahan peledak, komposisi, dan profil pelaku,” kata dia. [irm]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00