Fitrah dengan Uang Rp 40 Ribu, Ini Hitungannya...

Budaya  SABTU, 25 MEI 2019 , 22:44:00 WIB

Fitrah dengan Uang Rp 40 Ribu, Ini Hitungannya...
RMOLSumsel. Mulai sekarang, Umat Islam bersiap membayar Zakat Fitrah Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah. Badan Amil Zakat Nasional alias Baznas Pusat menetapkan besaran Zakat Fitrah dengan uang adalah Rp 40 ribu per orang.

Informasi penetapan besaran zakat fitrah dengan uang itu disampaikan oleh Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta setelah melakukan kerja sama dengan platform dompet digital Dana di Jakarta beberapa hari lalu.

Kerja sama itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat membayar zakat atau infak. ’’Sekarang dan ke depannya, trend pembayaran sudah cashless,’’ katanya seperti dikutip dari JPNN, Sabtu (25/5).

Arifin menjelaskan, dengan penetapan besaran uang zakat fitrah tersebut, diharapkan bisa menjadi panduan masyarakat. Termasuk menggunakan uang digital melalui sejumlah platform yang telah bekerja sama dengan Baznas.

Dia mengatakan bahwa besaran zakat fitrah Rp 40 ribu itu per orang. Jadi misalnya dalam keluarga ada empat anggota keluarga, maka yang dibayarkan adalah Rp 160 ribu.

Arifin mengatakan, Baznas akan memanfaatkan uang tersebut untuk membeli beras dari para petani binaan. ’’Sehingga memenuhi aspek pemberdayaan juga,’’ katanya.

Arifin berharap bulan Ramadan ini semakin banyak masyarakat yang membayar zakat fitrah ke Baznas. Dengan begitu, mereka bisa semakin memberdayakan petani padi binaan. Dalam jangka panjang bisa mempercepat pembangunan serta mengatasi masalah kemiskinan.

Dia menuturkan bahwa target pengumpulan zakat, infak, dan sedekah di Baznas pusat selama Ramadan ini mencapai Rp 85 miliar. Sampai hari kesepuluh bulan Ramadan ini, capainnya masih 10 persen.

Meskipun begitu, Arifin optimis target tersebut bisa dipenuhi. Sebab kecenderungannya pembayar zakat, infak, dan sedekah akan meningkat di pengujung bulan puasa. ’’Saya tidak tahu apa penyebabnya,’’ katanya.

Sambil bercanda dia memperkirakan penyebabnya adalah banyak masyarakat yang masih menunggu pencairan THR dari tempat kerja masing-masing. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00