Kenali Tahi Lalat, Untuk Menyelamatkan Hidup

Kesehatan  SABTU, 25 MEI 2019 , 16:59:00 WIB

Kenali Tahi Lalat, Untuk Menyelamatkan Hidup

ILUSTRASI

RMOLSumsel. Kanker kulit bisa disembuhkan jika ditemukan lebih awal, tetapi dokter mengatakan pasien perlu menjadi mitra dalam proses tersebut.

Semua orang harus benar-benar mengenal tahi lalat mereka sendiri karena itulah yang akan menyelamatkan hidup Anda,” kata Dr. Julie Karen, seorang ahli dermatologi bersertifikat di New York, seperti dilansir laman MSN, Kamis (23/5).

Apa yang harus Anda cari? ABCDE melanoma adalah tanda-tanda dasar, dengan dokter mendesak Anda untuk memeriksa tahi lalat Anda untuk asimetri, batas, warna, diameter, dan evolusi. Bagian yang paling penting adalah yang terakhir, tahi lalat yang sedang berevolusi atau berubah. Itu bisa termasuk gejala baru seperti gatal, keropeng dan pendarahan.

"Dokter Anda harus memeriksa area tubuh Anda di mana Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa Anda bisa mendapatkan kanker kulit, termasuk kulit kepala, kelopak mata, antara jari-jari tangan dan kaki, dan di belakang telinga," kata Dr. Debra Wattenberg, seorang dokter kulit dan pendiri New York dari NY Skin RX.

Berikut adalah beberapa tanda peringatan yang jangan pernah diabaikan:

1. Anda melihat tahi lalat yang tidak enak dilihat Perhatikan tahi lalat yang tidak terlihat seperti yang lain di tubuh Anda, atau apakah itu satu-satunya tahi lalat pada bagian anatomi Anda yang bebas spot. Banyak orang memiliki tahi lalat yang terlihat agak menakutkan, tetapi mereka memiliki 20 di lengan atau punggung mereka dan kemudian mereka memiliki satu yang terlihat sangat berbeda. Tahi lalat Anda sejak lahir bisa berkembang menjadi kanker kulit, dan hanya karena Anda memiliki tahi lalat baru, itu tidak berarti itu akan menjadi buruk.

2. Ada garis-garis gelap vertikal pada kuku Anda Orang-orang sering tidak berpikir bahwa Anda bisa mendapatkan melanoma pada kuku. Itu terjadi lebih umum di kalangan orang Afrika-Amerika. Penyanyi Bob Marley berusia 36 tahun ketika dia meninggal karena melanoma acral lentiginous, yang pertama kali muncul sebagai bintik hitam di bawah kuku kakinya dan menyebar ke hati dan bagian tubuh lainnya.

Kanker ini bisa terlihat seperti garis hitam atau coklat berpigmen yang memanjang hingga panjang kuku Anda. Hapus cat kuku dari jari kaki dan jari-jari Anda saat Anda memeriksa kulit Anda. Ini akan membantu dokter Anda menemukan garis-garis lurus yang bisa jadi melanoma, atau benjolan yang bisa menjadi sel basal atau kanker kulit sel skuamosa.

3. Anda mengalami masalah penglihatan "Jenis melanoma kedua yang paling umum adalah melanoma mata," kata Dr. Sapna Patel, seorang ahli onkologi melanoma di MD Anderson Cancer Center di Houston.

Sama seperti Anda memiliki tahi lalat di kulit Anda, sebuah bintik bisa muncul di bagian belakang mata. Dokter hanya akan menemukannya ketika pupil mata Anda melebar saat pemeriksaan mata. Kurang dari setengah pasien benar-benar akan memiliki gejala. Jika Anda memilikinya, mereka mungkin terlihat sebagai penglihatan kabur, floaters, bintik hitam yang tumbuh pada iris dan masalah lainnya.

4. Anda memiliki 'jerawat' yang tidak akan hilang Kanker kulit sel basal atau skuamosa bisa terlihat seperti jerawat yang tidak sembuh atau hilang setelah beberapa minggu, luka yang tidak akan sembuh atau keropeng yang terus berulang. Jerawat juga bisa pergi dan kembali tepat di tempat yang sama, dan itu tidak akan memiliki nanah ketika Anda memencetnya.

5. Anda melihat tahi lalat di telapak kaki Anda Banyak orang memiliki tahi lalat jinak di telapak kaki atau telapak tangan mereka, tetapi mereka harus diperiksa, terutama jika tahi berubah bentuk. Masalahnya adalah bahwa orang sering tidak berpikir untuk mencari tahi lalat di bagian bawah kaki mereka dan banyak yang tidak cukup lentur untuk memeriksanya di sana.

6. Anda mengalami perubahan setelah tahi lalat diangkat Jika Anda telah menghilangkan tahi lalat dan Anda mulai melihat pigmentasi yang meluas di luar bekas luka, hal itu tentunya sangat memprihatinkan. Pastikan untuk memberi tahu dokter jika Anda menemukan benjolan yang terjadi di dekat bekas luka, atau jika Anda merasa sakit di daerah itu.

7. Ada bintik hitam di dalam pipi Anda Lokasi lain yang kurang dikenal di mana Anda bisa mendapatkan melanoma adalah di selaput lendir Anda. Itu termasuk di dalam pipi Anda atau rongga hidung Anda. [irm]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00