Pemkot Lanjutkan Program Bedah Rumah

Ada Tambahan Upah Tukang

Sosial  JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:58:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Pemkot Lanjutkan Program Bedah Rumah
RMOLSumsel. Program bedah rumah untuk rumah tak layak huni di Kota Palembang kembali dilanjutkan. Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan memperbaiki 170 rumah tal layak huni di kawasan Seberang Ulu.

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Pera-KP) Kota Palembang, Erwani Matdehi, saat dibincangi RMOL Sumsel, Jumat (24/5/19).

"Kali ini kita akan bedah rumah di kawasan Seberang Ulu. Karena dikawasan ini masih banyak rumah tidak layak huni, terutama di kawasan Seberang Ulu I dan Jakabaring," terangnya.

Erwani menerangkan, sama seperti tahun-tahun kemarin, setiap rumah akan mendapatkan bantuan biaya Rp15 juta untuk perbaikan rumahnya.

Namun, yang membedakannya dengan tahun kemarin, tahun masyarakat penerima bantuan, akan mendapat tambahan biaya upah tukang sebesar Rp2,5 juta.

"Jika kemarin mereka mengeluarkan upah sendiri untuk perbaiki rumah. Tahun ini sudah ada tambahan upah," jelasnya.

Adanya tambahan biaya tukang, merupakan usulan yang diajukan pada tahun lalu. Dimana, biaya tukang diluar dari biaya perbaikan rumah.  

"Kita usulkan sebesar Rp 17,5 juta dimana Rp 15 juta untuk perbaikan,  Rp 2,5 juta untuk biaya tukang. Alhamdulillah tahun ini kita dapat bantuan tambahan," sampainya.

Dengan adanya biaya tukang ini, Erwani yakin penyelesaian program bedah rumah ini dapat selesai sesuai denhan target. Karena sekarang warga betul-betul dibantu.

Karena, belajar dari pengalaman tahun lalu,  warga lama memperbaiki rumah sebab mereka juga sambil mencari nafkah terlebih dahulu.

"Jika tahun ini bisa sesuai dengan target, maka kedepan kita bisa meminta tambahan bantuan untuk program bedah ini ke pusat," tuturnya.

Untuk perbaikan rumah ini, Pera KP akan bekerjasama dengan RT dan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM). Dimana, bersama keduanya PPK akan menunjuk toko bangunan untuk kerjasama. Sehingga dana yang diberikan bisa dibelikan ke bahan bangunan.

"Kita juga akan tunjuk tokonya sehingga danaya efektif digunakan untuk memperbaiki rumah," tandasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00