Libido Seksual Turun,Kembalikan dengan Ini

Lifestyle  KAMIS, 23 MEI 2019 , 18:02:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Libido Seksual Turun,Kembalikan dengan Ini
RMOLSumsel. Turunnya libido pada suami-istri, tidak selalu merupakan keadaan yang mesti dicemaskan. Karena libido seksual turun bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti kecemasan, usia, masalah dalam hubungan, atau kondisi kesehatan tertentu.  

Apabila Anda sudah memiliki pasangan, jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama bisa memengaruhi keintiman. Karena itu, cobalah lakukan beberapa kebiasaan yang bisa tingkatkan kembali libido Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa Anda coba‚Ä"baik wanita maupun pria‚Ä"untuk menaikkan kembali libido yang drop seperti dikutip dari Klikdokter.com, Kamis (23/5):

    Kontrol kecemasan atau tingkat stres

Tingkat stres psikis yang tinggi adalah kendala terbesar fungsi seksual dan libido, baik pria maupun wanita. Individu dengan jadwal kerja yang padat, tanggung jawab yang berat, atau tekanan hidup lainnya akan merasa lelah. Akibatnya, hasrat seksual rendah.

Pada pria, stres ataupun kecemasan juga dapat membuat Anda lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, akhirnya hubungan seks jadi terhenti. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa depresi dan kecemasan dapat mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual.

Pada kasus ini, cobalah untuk memperbaiki atau meningkatkan kesehatan mental. Mulai dari istirahat cukup, meluangkan waktu untuk me-time atau melakukan hobi, mengontrol pola makan, dan berolahraga secara teratur.

    Kualitas tidur harus baik

Tidur yang nyenyak dan cukup waktunya dapat memperbaiki suasana hati dan energi secara keseluruhan. Beberapa penelitian juga mengaitkan kualitas tidur dengan libido seksual.

Sebuah studi berskala kecil tahun 2015 pada wanita menunjukkan bahwa lebih banyak tidur pada malam sebelumnya akan meningkatkan hasrat seksual hari berikutnya. Hasil studi ini membuktikan, waktu tidur rata-rata yang lebih lama menjadikan libido lebih baik ketimbang mereka yang waktu tidurnya lebih pendek.

    Makan makanan bergizi lengkap seimbang

Menerapkan pola makan bergizi lengkap seimbang bermanfaat untuk menjaga gairah seksual, yaitu dengan dengan meningkatkan sirkulasi darah serta kesehatan jantung.

Sindrom metabolik dan penyakit jantung (kardiovaskular) dapat memengaruhi fungsi seksual secara fisik. Khusus wanita, sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga dapat memengaruhi kadar hormon, yang pada akhirnya dapat mengacaukan libido.

Untuk mencegah dan mengatasi gangguan yang terkait libido, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, protein tanpa lemak, serta rendah gula.

    Cobalah pengobatan herbal

Sebuah penelitian tahun 2015 menyatakan bahwa ada keterkaitan antara beberapa jenis obat herbal dengan peningkatan fungsi seksual manusia. Zat herbal tersebut adalah maca, tribulus, ginkgo, dan ginseng.

Meski demikian, obat-obatan herbal sebaiknya tidak dikonsumsi tanpa persetujuan dokter. Pasalnya, beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan obat medis yang mungkin sedang Anda konsumsi.

Karena alasan kualitas, kemurnian, dan keamanan obat yang diatur oleh BPOM, memilih produk herbal juga harus selektif.

    Olahraga teratur

Ada sebuah studi tahun 2015 tentang pria yang menjalani terapi kekurangan androgen yang menurunkan kadar testosteronnya. Temuan studi ini adalah, olahraga teratur membantu pria mengatasi masalah seperti body image, libido rendah, dan perubahan kualitas hubungan.

    Pertahankan berat badan ideal

Beberapa ilmuwan menghubungkan kelebihan berat badan atau obesitas dengan dorongan seks yang rendah, bersama dengan faktor lainnya yang terkait dengan penurunan kesuburan. Hal ini terkait dengan faktor hormonal, misalnya konsentrasi testosteron yang rendah serta efek psikologis seperti rasa percaya diri yang rendah.

Dengan berusaha untuk mempertahankan berat badan yang ideal, gairah seks bisa terjaga atau meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun psikologis.

Pola makan sehat dan berolahraga teratur dapat membantu mencapai libido yang ideal sekaligus meningkatkan energi.

    Berhenti merokok

Tak ada hal baik apa pun dari kebiasan ini. Berkaitan dengan libido, merokok memiliki dampak negatif pada sistem kardiovaskular seseorang.

Kesehatan jantung merupakan bagian penting untuk fungsi seksual yang baik. Orang-orang yang berhenti merokok terbukti mengalami peningkatan energi dan dorongan seksual setelah mereka berhenti merokok.

Libido yang rendah memang tak selalu harus dikhawatirkan. Namun, jika dibiarkan terus-menerus, dampaknya bisa lebih meluas dan ini dapat memengaruhi keintiman Anda dan pasangan. Mulai hari ini, terapkanlah kebiasaan-kebiasaan di atas untuk kembali tingkatkan libido Anda. Namun jika tak kunjung teratasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. [ida]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00