Bentuk Pos Pamyan dan Pantau Untuk Keamanan Lebaran

Daerah  RABU, 22 MEI 2019 , 19:58:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Bentuk Pos Pamyan dan Pantau Untuk Keamanan Lebaran
RMOLSumsel. Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan umat islam yang akan merayakan hari Lebaran Idul Fitri 1440 H, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) telah membentuk Pos Pamyan dan pos pantau.

Hal itu terungkap pada Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Musi 2019  di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab OKU Jl.A.Yani.Km.7 Kel.Kemelak Bidung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU, kemarin.  

Rakor yang dibuka Asisten II  Setda OKU H. Fahruddin Rozi, diawali mendengarkan paparan oleh Kabag OPS Polres OKU Kompol M Ginting dengan judul Menjelang Hari Raya persiapan Pos Pamyan dan Pos  Pam.

Tujuan operasi untuk menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat di wilayah hukum Polres OKU  dalam pelaksanaan hari Raya Idhul Fitri 1440H yang meliputi kegiatan ibadah, mobilitas angkutan manusia dan barang, serta kegiatan lain yang menyertai. Baik di terminal, pusat perbelanjaan, pertokoan, pusat keramaian masyarakat dan tempat rekreasi/ wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat umum.

Pos pelayanan ada di tiga titik yakni SPBU Batu Kuning, Stasiun KA dan  Simpang 3 Ramayana. Sedangkan POS PAM meliputi Desa Gunung Meraksa, Pasar Lama, Desa Kurup SP. 3 dan Simpang Trans Batumarta.

Kemudian POS PANTAU ada di empat titik. Yakni Simpang 4 Unbara dan 2. Simpang 4 Air paoh, Simpang 4 Sukajadi dan  Citimall.

Dalam rakor tersebut  Asisten II menyarankan perlu ada tindak lanjut mengenai Pasar Tumpah untuk di Kecamatan Semidang Aji dan Kecamatan Pengandonan.

Selain itu, Rest Area juga perlu diperhatikan dibuatkan Spanduk dan rambu-rambu.

Kemudian  harus diantisipasi masalah antrian panjang agar Dishub dan dinas terkait menyurati SPBU yang ada di OKU agar antrian tidak mengganggu arus lalulintas.  

Laporan dari Dinkes, telah menyiapkan 3 Puskesmas dan 3 Armada Ambulance.

Sedangkan laporan KakanKemenag telah bermusyawarah mengenai Zakat Fitrah untuk besarannyaRp 25.000/jiwa atau 2 Kg beras/jiwa.

Dalam rakor tersebut juga sudah ditentukan Shalat Idul Fitri 1440 H akan dilaksanakan di beberapa tempat di Kabupaten  OKU baik itu di di Taman Kota maupun di Masjid " masjid agar dikondisikan untuk keamanan. [yip]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00