12 Mesin ATM Dibobol, OJK Hanya Bisa Pantau Saja

Kriminal  RABU, 22 MEI 2019 , 09:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

12 Mesin ATM Dibobol, OJK Hanya Bisa Pantau Saja

net

RMOLSumsel. Pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kembali terjadi di Kota Palembang. Tidak tanggung-tanggung, dari informasi yang berhasil dihimpun, ada 12 mesin menjadi sasaran pelaku pembobolan belum lama ini.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), Panca Hadi Suryatno mengaku sudah mendengar informasi tersebut dan sudah mengingatkan pihak perbankan agar memiliki sistem yang standar.

Panca mengaku, OJK memiliki standar pengamanan bagi lembaga perbankan yang akan memasang mesin ATM. Diantaranya harus memiliki CCTV dan pemasangan instalasi mesin ATM nya harus ditanam.

Bahkan, sebenarnya untuk membobol ATM tidak mudah, bahkan sekarang apabila itu dibobol itu langsung ada alarm yang akan berbunyi di penjagaan.

"Jadi memang sebenarnya dari sisi pengamanan kita sudah selalu mengingatkan dan itu sudah dilakukan. Hanya saja masalahnya, apakah seluruh ATM sudah diberlakukan seperti itu atau belum, maka bank nya harus segera dikerjakan," ulasnya.

Secara khusus tidak ada pemanggilan terhadap lembaga perbankan tersebut, tapi pada beberapa kesempatan melalui pertemuan, Panca mengaku selalu menyampaikan terkit standar keamanan yang harus dilakukan perbankan terhadap mesin ATM.

"Sejauh ini kita hanya pantau saja dan kita menunggu laporan-laporan," tuturnya.

Sebenarnya kita sudah mengingatkan ke bank-bank, sebenarnya mereka sudah mempunyai sistem yang standar, seperti CCTV dan semacam mekanisme alarm yang bisa langsung kontak ke penjaga setempat.

Hanya saja, ada masalah lebih penting, yakni penempatan ATM juga harus menjadi perhatian pihak perbankan, seperti yang berada di wilayah-wilayah yang jauh.

"Selain memiliki pengamanan yang berstandar, perbankan juga harus menyediakan semacam penjaga," sampainya.[sri]



Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00