Terkait Cacar Monyet, Terapkan Pola Hidup Sehat

Kesehatan  SELASA, 21 MEI 2019 , 18:05:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Terkait Cacar Monyet, Terapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi/Net

RMOLSumsel. Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat menghimbau kepada masyarakat, agar tidak terlalu khawatir dengan Virus Cacar Monyet (Monkeyfox) yang saat ini informasinya berkembang di masyarakat.

Namun, masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat.
Kepala Dinas Kesehatan Lahat, Dr. Rasyidi Amri melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ubaidillah kepada wartawan mengemukakan, virus cacar monyet atau sejenis penyakit cacar yang ditularkan melalui binatang, melalui darah, cairan, atau lesi (lecet atau bintik pada kulit) atau lendir mukosa dari binatang yang tertular virus itu, sampai saat ini belum ada di Indonesia.

"Untik sementara ini kita tidak usah khawatir,  tidak usah panik dengan adanya informasi penyakit itu (cacar monyet ) masuk ke Indonesia," ujarnya, Senin (20/5).

Namun, Dia juga mengingatkan masyarakat harus menerapkan prilaku hidup sehat dan bersih, seperti cuci tangan dengan sabun. Menghindari kontak langsung dengan tikus dan monyet, membatasi kontak langsung dengan darah atau daging yang tidak dimasak dengan baik. Menghindari kontak fisik dengan orang yang terkena atau material yang terkontaminasi.

Ubaidillah menjelaskan, meskipun penyebab kematian hanya 10 persen akibat virus tersebut, namun virus Monkeyfox terbilang ganas dan cepat menular. Terjadinya penularan pada manusia, akibat terjadi kontak dengan binatang jenis, monyet, tikus gambia dan tupai atau menkonsumsi daging binatang yang sudah terkontaminasi.

"Selain itu, orang yang baru kembali dari luar negeri, khususnya daerah yang sudah terjangkit harus memeriksakan diri. Terlebih jika mengalami demam tinggi secara mendadak, pembesaran kelenjar getah bening dan ruam atau bintik merah kulit dalam waktu tiga minggu setelah kepulangan," sampai Ubai

Namun, Lanjut Ubai, pihaknya telah menginformasikan hal tersebut kepada seluruh jajaran Puskesmas di Kabupaten Lahat mengenai virus cacar monyet.

"Sudah kita infokan kepada puskesmas - puskesmas. Meski belum disurati namun sudah kita info lewat handphone," tutupnya.[rik]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00