Refly Harun: Lain Kali Pilih KPU dan Hakim Jangan Hanya Kuat Lobi

Politik  JUM'AT, 17 MEI 2019 , 09:45:00 WIB

Refly Harun: Lain Kali Pilih KPU dan Hakim Jangan Hanya Kuat Lobi

Refly Harun/net

RMOLSumsel. Gelaran Pemilu Serentak 2019 dinilai terindikasi kecurangan. Bahkan kini, salah satu kubu pasangan calon presiden sudah tidak lagi percaya pada kredibilitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena menganggap banyak indikasi kecurangan yang seolah didiamkan, bahkan mererka tak mempercayai Mahkamah Konstitusi usai pengumuman hasil dilakukan oleh KPU pada 22 Mei mendatang.

Pakar hukum tata negara Refly Harun pun memberi nasihat kepada pendukung calon, khususnya partai politik yang ada di DPR, yang tidak lagi percaya pada KPU dan MK  

Nasehat saya cuma satu. Lain kali kalau memilih anggota KPU atau hakim konstitusi, carilah yang paling kuat integritas dan independensinya. Jangan hanya yang kuat lobi atau karena gampang ditundukkan,” katanya dalam akun Twitter pribadi sesaat, Jumat (17/5).

Sementara untuk pihak yang menang dan tidak merasa dirugikan atas proses ini, Refly menyebut bahwa nasihatnya tetap sama.

Carilah yang paling berintegritas dan yang paling independen. Sekarang tidak mengeluh, tetapi begitu kalah, distrust yang sama akan muncul juga,” sambungnya.

Nasihat ini, lanjutnya, tidak hanya berlaku KPU dan MK. Tapi juga pada lembaga-lembaga yang anggotanya dipilih DPR, termasuk KPK.[sri]



Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00