Asikkk.. THR PNS Bisa Cair Sebelum Lebaran

Sosial  KAMIS, 16 MEI 2019 , 16:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Asikkk.. THR PNS Bisa Cair Sebelum Lebaran

Ilustrasi THR/net

RMOLSumsel. Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dapat bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Pusat telah merubah mekanisme terkait teknis pemberian tunjangan hari raya (THR).

Bahkan, ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Hoyin Rizmu, Pemkot Palembang akan memberikan THR bagi ASM atau yang dikenal PNS (Pegawai Negeri Sipil) pada H -7 lebaran atau sekitar 24 Mei 2019.

"Kita bersyukur, akhirnya pemerintah pusat merevisi PP Nomor 35 Tahun 2019 tentang Gaji ke-13, dan PP Nomor 36 Tahun 2019 mengenai THR ayat 2 cukup dengan Peraturan Kepala Daerah (Perkada). Artinya, sebelum lebaran sudah bisa kita berikan," ungkapnya kepada RMOL Sumsel via telp, Kamis (16/5/19).

Hoyin menerangkan, setelah mendapat kepastiam tersebut, pihaknya sudah menganggarkan anggaran sebesar Rp58 milyar untuk pemberian THR pada 11 ribu PNS di lingkungan Pemkot Palembang.

"Anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) pos gaji kepegawaian tersebut, akan kita berikan sebelum H-7 lebaran," terangnya.

Meski untuk PNS sudah mendapat kepastian, untuk THR tenaga honorer, Hoyin mengaku masih dalam tahapan persetujuan dari Walikota.

"Untuk THR honorer masih kita ajukan ke Walikota, jika memang disetujui, maka akan kita siapkan anggaran sekitar Rp8 miliar," sampainya.

Sebelumnya THR PNS Terancam Diberikan Setelah Lebaran  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas PP Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan, resmi dikeluarkan.

Tidak hanya itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), juga telah menandatangani PP Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian tunjangan hari raya kepada Pegawai Negeri Sipip, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Dalam PP tersebut, diatur dalam tentang tara cara pemberian gaji ke-13 maupun THR bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima pensiun atau tunjangan sekaligus sebagai penerima pensiun janda/duda atau penerima tunjangan janda/duda.

Hanya saja, pada perayaan lebaran Idul Fitri tahun ini, PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima pensiun atau tunjangan, diperkirakan tidak akan menikmati gaji ke-13 dan ke-14 tepat waktu atau sebelum perayaan lebaran.

Pasalnya, dalam ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas termasuk THR yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah diatur dengan Peraturan Daerah (Perda). [sri]






Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00