Apakah Terkait Pilpres? Sudirman Cs Gagal ke Senayan

Politik  KAMIS, 16 MEI 2019 , 09:59:00 WIB

Apakah Terkait Pilpres? Sudirman Cs Gagal ke Senayan
RMOLSumsel. Mantan Menteri ESDM sekaligus Mantan Cagub Jawa Tengah Sudirman Said gagal ke Senayan. Ia bersama beberapa nama besar lainnya tak berhasil memenangkan kursi DPR RI pada Pemilu Serentak 2019.

Diketahui beberapa tokoh dengan beragam latar belakang itu gagal, dari rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang beragendakan pengesahan hasil pemungutan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dari Provinsi Jateng kemarin.

Dikutip dari JPNN, Kamis (16/5), di Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng I ada Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono yang gagal lolos ke Senayan. Perolehan suaranya sebanyak 31.259 belum cukup untuk mengantarnya menjadi anggota DPR karena ada sesama caleg Gerindra di Jateng I, Sigit Ibnugroho Sarasprono yang meraih suara lebih tinggi.

Masih di Dapil Jateng I, dua tokoh dari partai lain juga gagal lolos ke Senayan. Mantan atlet tenis Yayuk Basuki sebagai caleg petahana gagal terpilih kembali.

Selain itu, ada pula Syafril Nasution dari Partai Perindo yang juga gagal ke Senayan. Posisinya sebagai wakil ketua umum Perindo belum cukup untuk mengantarnya menjadi wakil rakyat di DPR.

Selanjutnya di Dapil Jateng II ada tokoh lain. Mantan pebulu tangkis Haryanto Arbi yang maju lewat PSI gagal lolos.

Ada pula nama kondang di Jateng II, yakni Bowo Sidik Pangarso. Legislator Golkar yang kini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu juga mental.

Selanjutnya di Dapil Jateng IV ada Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono yang gagal terpilih. Ketua DPD Partai Demokrat Jateng Rinto Subekti juga tak punya cukup suara untuk lolos.

Bergeser ke Dapil Jateng V ada Mustofa Nahrawardaya. Ikhtiar pegiat media sosial itu maju menjadi caleg DPR melalui PAN juga kandas.

PAN memang jeblok di Jateng sampai tak punya wakil untuk DPR. Di Jateng VI ada Ahmad Mumtaz Rais yang notabene putra mantan Ketua Umum PAN Amien Rais tetapi gagal lolos ke Senayan.


Di Jateng VII ada nama Taufik Kurniawan yang maju dari PAN. Namun, Taufik yang juga wakil ketua DPR gagal lolos, apalagi kini statusnya sebagai terdakwa kasus suap yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Masih di Jateng VII ada Bambang Hermanto yang gagal maju sebagai caleg PPP. Bambang merupakan wakil sekjen di partai berlambang Kakbah itu.


Adapun di Jateng IX, Sudirman Said yang menjadi caleg Gerindra juga gagal melaju ke Senayan. Sudirman adalah mantan menteri ESDM yang kini dipercaya sebagai direktur debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno.[ida]



Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00