Eggi Sudjana Ditahan, Ini Reaksi Fadli Zon

Hukum  SELASA, 14 MEI 2019 , 18:12:00 WIB

Eggi Sudjana Ditahan, Ini Reaksi Fadli Zon

NET

RMOLSumsel.  Penangkapan pengacara sekaligus aktivis Eggi Sudjana yang menjadi tersangka makar oleh Polda Metro Jaya, mendapat respon dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Politikus Gerindra itu menilai penangkapan terhadap Eggi, tokoh-tokoh kritis, ulama dan aktivis merupakan tindakan mengancam demokrasi.

Tidak boleh ada abuse of power (penyalahgunaan kekuasaan, red). Kalau tuduhan makar, makarnya di mana? Apa yang dilakukan (Eggi, red)?” ujar Fadli di gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/5).

Fadli menegaskan, pernyataan tidak bisa dikategorikan perbuatan makar. Orang berpendapat juga bukan makar,” tegasnya.

Menurut Fadli, kebebasan berpendapat sudah dijamin konstitusi. Adapun makar, katanya, di dalamnya harus ada unsur perbuatan meruntuhkan pemerintahan yang sah dengan kekuatan, senjata dan sebagainya.

Fadli pun menilai pernyataan Eggi soal people power merupakan hal biasa dan tetap konstitusional. Pernyataan soal people power, tutur Fadli, bukan tergolong makar.

People power itu artinya kekuatan rakyat, orang berdemontrasi memprotes kecurangan itu konstitusional. Jadi, people power itu konstitusional,” kata wakil ketua umum Partai Gerindra, ini. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00