Insya Allah..Besok Mulai Puasa

Sosial  MINGGU, 05 MEI 2019 , 18:15:00 WIB

Insya Allah..Besok Mulai Puasa
RMOLSumsel. Petang ini, Minggu (5/5), Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mempimpin Sidang Isbat Penetapan Awal Bulan Ramadhan 1440 H. Dari hasil pemantauan beberapa daerah, hampir dapat dipastikan besok, Senin (6/5) merupakan awal Ramadhan 1440 Hijriyah.

Sidang dilakukan di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kemenag, Jalan M.H Thamrin, Jakarta. Dalam Sidang Isbat ini Kemenag mengundang 63 orang, masing-masing terdiri dari Komisi 8 DPR RI, MUI, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohir mengatakan, Sidang Isbat akan dipimpin langsung oleh Menag Lukman. Sidang diawali dengan pemaparan posisi hilal, yang akan dilanjutkan dengan mendengarkan laporan tim Rukyatul hilal di mana telah dibentuk Kemenag di 34 Provinsi di Indonesia.

"Pemaparan dulu nanti. Terus laporan dari temen-temen daerah di 34 kantor wilayah. Semua provinsi mengadakan pemantauan. Nanti habis kita sidang rapat, langsung diumumkan Pak Menteri kapan mulai Ramadhan ini," jelasnya di lokasi seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.

Sementara itu Direktur Jenderal Bimas Islam, Muhammadiyah Amin mengatakan pemantauan hilal sendiri, dilakukan oleh Tim Falakiyah Sidang Isbat Kemenag di ratusan titik.

"Kita melakukan pantauan Rukyatul Hilal di 102 titik di Indonesia," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00