Penghitungan Suara PPK Muara Kelingi Diambil Alih KPU

LAPORAN : IRHAMUDIN SUTAN PARMATO

Daerah  MINGGU, 05 MEI 2019 , 16:33:00 WIB

Penghitungan Suara PPK Muara Kelingi Diambil Alih KPU
RMOLSumsel. Komisioner KPU Musi Rawas sempat mengambil alih proses penghitungan suara DPR RI. Peristiwa ini terjadi saat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muara Kelingi melakukan penghitungan dalam Rapat Pleno Tingkat Kabupaten Musi Rawas (Mura), Minggu (5/5).

Pengambilalihan proses terjadi karena PPK Muara Kelingi tidak mengindahkan rekomendasi dari Bawaslu Mura untuk membuka kotak suara. Padahal pimpinan rapat Ketua KPU Mura Anasta Tias  sudah berulang kali memerintahkan PPK Muara Kelingi untuk membuka kotak suara. Namun hal tersebut tidak diindahkan oleh PPK Muara Kelingi.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, akhirnya Ketua KPU Mura mempersilahkan Komisioner PPK Muara  Kelingi untuk "beristirahat" dan proses rekapitulasi diambil alih oleh komisioner KPU Mura.

Ketua KPU Mura Anasta Tias mengatakan, rekomendasi dari Bawaslu Mura kepada pihaknya karena ada laporan yang masuk sebelumnya ke  Bawaslu Mura.

"Bawaslu Mura merekomendasikan kepada PPK Muara Kelingi membuka kotak suara, karena laporannya terjadi selisih perolehan suara salah satu caleg DPR RI dan terjadi perbedaan jumlah di DAA1 dan di form C1 yang diterima oleh Bawaslu,"jelasnya.

Ketua Bawaslu Mura Oktoreni Chandra Kirana kepada Kantor Berita RMOL Sumsel membenarkan jika pihaknya mengeluarkan rekomendasi agar dilakukan pembukaan kotak suara. Salah satu alasanya karena ingin mencocokkan jumlah yang ada di DAA dan C1 yang dilaporkan kepada pihaknya.

"Benar, kami merekomendasikan agar dilakukan pembukaan kotak suara untuk pencocokan,"jelasnya.

Sementara Edison Ketua PPK Muara Kelingi beralasan, mereka tidak mau membuka kotak suara karena agar proses rekapitlasi berjalan terus. Apalagi permintaan buka kotak tersebut atas desakan saksi yang ada.

"Tidak semua laporan dari saksi partai langsung diterima dan langsung buka kotak suara, kita sebagai penyelenggara jangan mau diarahkan oleh saksi, kalau penyelenggara terus menerus mengikuti keinginan saksi, mau sampai mana pelaksanaan rekapitulasi akan selesai" tandasnya.

Proses pengambilalihan proses rekapitulasi penghitungan suara untuk PPK Muara Kelingi oleh KPU Mura hanya untuk penghitungan suara DPR RI. Sedangkan untuk suara DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kembali dilakukan oleh PPK Muara Kelingi.[ida]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00