BPS OKU Bakal Mutakhirkan Data Perkembangan Desa

Ekonomi  SABTU, 04 MEI 2019 , 13:22:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

BPS OKU Bakal Mutakhirkan Data Perkembangan Desa

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Mendesaknya kebutuhan data Potensi Desa (Podes) yang ter-update setiap tahun, maka Badan Pusat Statistik (BPS) perlu melakukan updating data Podes.

Data Podes yang di-update mencakup pelayanan dasar; kondisi infrastruktur, dan aksesibilitas/transportasi.

Kegiatan ini disebut dengan Pemutakhiran Data Perkembangan Desa (Updating Podes 2019) yang dilaksanakan setiap tahun di luar tahun pendataan Podes.

Demikian disampaikan BPS Kabupaten OKU, Ir. Budiriyanto, MAP usai melakukan pembukaan pelatihan petugas pendataan Updating Podes 2019 yang dilaksanakan setiap tahun, di ruang rapat BPS OKU.

Menurut Budiriyanto, pemutakhiran data ini akan dilaksanakan mulai tanggal 10 Juni hingga 5 Juli 2019.

Secara nasional pemutakhiran Data Perkembangan Desa ini dilaksanakan di seluruh wilayah administrasi pemerintahan setingkat desa: desa, kelurahan, UPT/SPT. dan nagari (khusus Provinsi Sumatera Barat).

Tujuan Pemutakhiran Data Perkembangan Desa adalah untuk menghasilkan data bagi keperluan pembangunan wilayah, memberikan data tentang potensi wilayah, ketersediaan infrastruktur/fasilitas, serta kondisi sosial-ekonomi di setiap desa/kelurahan.

Sedangkan tujuan khusus dari Pemutakhiran Data Perkembangan Desa adalah: Menyediakan data dasar untuk menghitung Indeks Kesulitan Geografis (IKG). Menyediakan data untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan perencanaan wilayah di tingkat nasional dan tingkat daerah.

Menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan. Menyediakan data dukung untuk penyusunan Daerah Dalam Angka (DDA). Serta menyediakan data untuk kepentingan penghitungan Urban/Rural.

Hingga saat ini, Podes dilakukan 2 tahun sebelum pelaksanaan sensus untuk mendukung kelancaran pelaksanaan sensus.

Yaitu, Sensus Pertanian (tahun berakhiran 3), Sensus Ekonomi (tahun berakhiran 6) dan Sensus Penduduk yaitu (tahun berakhiran 10).

"Data yang dikumpulkan dalam Pemutakhiran Data Perkembangan Desa merupakan data indikasi potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah. Pemutakhiran Data Perkembangan Desa dikumpulkan melalui aplikasi CAPIPODE52019.UPDATING," ujar Budiriyanto.[sri]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00