Percepat Penanggulangan Kemiskinan, TKPKD Muba Klaster 1 Gelar Rakor

MUBA  KAMIS, 02 MEI 2019 , 19:23:00 WIB

Percepat Penanggulangan Kemiskinan, TKPKD Muba Klaster 1 Gelar Rakor
RMOLSumsel. Dalam rangka mengentaskan kemiskinan, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah  (TKPKD)  Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengadakan Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, bertempat di Ruang Rapat Randik Setda Muba, Kamis (2/5/2019) dipimpin langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba selaku Ketua Program Bantuan Sosial Terpadu Berbasis Keluarga (Klaster) 1, H Rusli SP MM.

Tujuan pelaksanaan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Muba tahun 2019 ini adalah untuk mengetahui sejauh mana progres program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Muba yang sudah berjalan. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh peserta klaster 1 yang terdiri dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, RSUD Sekayu, BPS, Cabang BPJS, Bagian Hukum dan Bagian Kesra Setda Muba, TP PKK dan Baznas Kabupaten Muba.

Menurut Rusli, program klaster 1 ini merupakan bantuan yang sifatnya mengurangi langsung beban masyarakat dengan tujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama kelompok miskin.

Dirinya menghimbau, kepada seluruh OPD yang tergabung dalam klaster 1 agar menjalankan program pengentasan kemiskinan secara bersama-sama, dan sebelum melakukan atau memberikan bantuan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) selaku Wakil Ketua program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga (Klaster) 1.

"Saya ingin Tim yang tergabung dalam klaster 1 benar-benar difungsikan, sesuai dengan tugasnya mengendalikan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di daerah. Kepada pimpinan OPD kami harapkan agar dapat memaparkan progres program pengentasan kemiskinan di OPD nya masing-masing," tegas Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra.

Sekretaris Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba , Drs Alias MM dalam laporannya menjelaskan, ada beberapa permasalahan yang dapat menghambat program penanggulangan kemiskinan, antara lain pemberian bantuan tidak tepat sasaran, pemberian bantuan masih bersifat ego sektoral, belum optimalnya komitmen dan keterpaduan dalam menangani masalah kemiskinan dan sinergitas program/kegiatan penanggulangan kemiskinan hanya melibatkan program/kegiatan dari pemerintah daerah belum melibatkan pihak swasta.

Sementara itu Plt Kepala Dinsos Drs H Muhammad Jaya melaporkan telah banyak program yang dilakukan Pemkab Muba melalui Dinsos dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Muba. Anggaran di tahun 2018 sebesar 350 juta untuk program penanggulangan kemiskinan dan 332 juta sudah realisasi, selain itu ada juga bantuan program dari Kementerian Sosial seperti bantuan pemberian hewan ternak bagi kelompok masyarakat kurang mampu, dan bantuan usaha ekonomi produktif, serta Kerjasama dengan Baznas sudah ada tujuh  unit rumah yang sudah dibedah dan bantuan sembako bagi parkir miskin dan program bantuan lainnya lagi. [yip]

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00