Gagal Tambah Kursi, Partai Walikota Belum Naik Kelas

Daerah  SELASA, 30 APRIL 2019 , 12:19:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Gagal Tambah Kursi, Partai Walikota Belum Naik Kelas
RMOLSumsel. Pemilihan Legisilatif (Pileg) Pagaralam pada Pemilu 2019, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  Pagaralam sepertinya harus puas dengan perolehan dua dari 25 kursi DPRD, dari tiga Daerah Pemilihan (Dapil).

Kemarin, Senin (29/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam melakukan pleno terbuka tingkat.  Partai yang Ketua DPC-nya adalah Walikota Pagaralam tersebut mengumpulkan suara keseluruhan sebesar 8,138 suara dari 3 Dapil yang ada di Kota Pagaralam dengan rincian 2.735 Dapil I, 3.632 Dapil II dan 1,771 Dapil III.

Jika dibanding dengan perolehan suara Parpol peserta pemilu lainya,PKB masuk dalam lima besar suara keseluruhan parpol karena dua parpol lainya Golkar dengan 8,920 suara dan PKS 8.518 suara berada diatasnya,sedang NasDem kukuh dipuncak dengan perolehan suara 11,635 disusul dengan Partai Gerindra 10.247 suara.

Dengan perolehan tersebut,PKB hanya mampu mempertahankan raihan dua kursi dari tiga Dapil,dan dua kursi tersebut juga diraih oleh Caleg petahana yakni Nanto Chiken dari Dapil I Pagaralam Selatan ,dan Candra Jaya dari Dapil II Kecamatan Dempo Utara,Dempo Tengah dan Dempo Selatan,

Sedangkan untuk Dapil III Kecamatan Pagaralam Utara tak ada satupun perwakilan yang berhasil memperoleh kursi dari 7 jumlah kursi yang ada di Dapil III.

Mirisnya lagi kekalahan PKB di Dapil III Pagaralam Utara ini,sangat tipis dan hanya selisih 27 suara dengan perolehan suara Partai Bulan Bintang (PBB) yang memperoleh suara 1.798 dan  secara rangking parpol PKB berada diurutan ke 8 dari 7 rangking yang di perebutkan Dapil Pagaralam Utara,artinya dengan hasil yang di dapat PKB belum mampu naik kelas dan tidak bisa memenuhi target satu kursi tiap satu dapil.

Ketua DPC PKB Kota Pagaralam Alpian Maskoni dimintai tanggapan soal ini mengatakan bahwa hasil ini baru sementara meskipun sudah di Plenokan tingkat KPU,dan masih ada ruang di Mahkama Konstitusi (MK).

"Jadi tunggu putusan resmi dari MK,"jawabnya singkat.

Sementara Ketua KPU Kota Pagaralam Rahamat Qori Setiawan mengatakan,meskipun sudah bisa digambarkan keseluruhan hasil perolegan suara dan rangking parpol,KPU belum bisa menetapakan calon terpilih yang akan mendapatkan kursi.

"Namun untuk penetapan pemilik kursi dan calon terpilih kita tunggu potensi dari Mahkama Konstitusi (MK) semisal ada gugatan atau sanggahan,namun itu adalah wewenang dari MK dan KPU Pagaralam hanya sebatas Pleno saja,"ucapnya. [ida]



Komentar Pembaca
Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00