Pileg 2019 di OKU, Jadi "Kuburan" Partai Baru

Politik  SENIN, 29 APRIL 2019 , 20:30:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Pileg 2019 di OKU, Jadi

net

RMOLSumsel. Berdasarkan olahan data sementara dari berbagai sumber terkait hasil pencoblosan 17 April 2019 lalu, 4 (empat) Partai Politik (Parpol) baru yang menjadi peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), bisa dipastikan "gigit jari".

Ya. Pileg 2019 yang baru saja kita lalui, seolah menjadi kuburan terkhusus bagi Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda dan Perindo.

Tak ada satupun Caleg dari 4 Parpol tersebut diatas yang meraih kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU.

Entah, apakah karena memang kurang daya pikat atau karena tidak bisa menandingi kekuatan partai-partai lama.

Imbasnya ke tingkat Nasional, ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen, kini jadi momok.

Meskipun belum berhasil mendudukkan Caleg di kursi empuk parlemen Bumi Sebimbing Sekundang, Ketua DPD Partai Berkarya OKU, Ali Khan Ibrahim, mengaku legowo dengan hasil Pemilu itu.

"Ya, walau belum bisa duduk, kami legowo. Paling tidak kami sudah mengikuti proses demokrasi ini dengan sebenar-benarnya. Apalagi ini kan Pemilu pertama bagi Berkarya," kata Alikhan, dibincangi rmolsumsel Senin (29/4) petang.

Lalu apa yang terjadi? Alikhan menyebut, mungkin salah satunya karena Partai Berkarya merupakan Partai baru, yang belum banyak dikenal masyarakat.

Kedua, dalam proses Pemilu kemarin juga, pihaknya mengklaim berpolitik dengan berpegang pada asal jurdil. Tanpa ada permainan money politik. Dan menjalankan sistem dan roda kepartaian sesuai dengan garisannya. Baik Peraturan Organisasi (PO), maupun AD/ ART.

"Kita berusaha meyakinkan dan mencari suara konstituen dengan sistem yang idealis untuk negeri ini. Dan tak dipungkiri bahwa money politik jelas terjadi. Namun memang untuk membuktikan itu sulit," katanya.

Sekali lagi pihaknya legowo meski tak mendapat kursi. Paling tidak, pihaknya sudah mengikuti proses pesta demokrasi ini dengan hal-hal yang sudah disepakati.

Kedepan, pihaknya berharap perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan sistem, terutama dari sisi perangkat hukum untuk dapat menindaklanjuti tindakan pelanggaran Pemilu dan lain sebagainya sesuai dengan konstitusi. Dan diharapkan benar-benar konsekuen menjalankannya.

Terakhir, pihaknya masih tetap optimis Partai Berkarya bisa bertahan dan masuk ambang batas untuk dapat ikut Pemilu di periode berikutnya.

"Kan perhitungan belum selesai. Kita masih berharap Partai Berkarya bisa lewat ambang batas ET," tandas Alikhan.[sri]






Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00