Baru 3 Parpol Serahkan LPPDK

Politik  MINGGU, 28 APRIL 2019 , 13:41:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Baru 3 Parpol Serahkan LPPDK

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pasca pelaksanaan Pemilu 2019, sejumlah partai politik (Parpol) mulai melakukan penyerahan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).


Hingga sabtu (27/4) malam, terpantau baru tiga Parpol yang melakukan penyerahan LPPDK di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Komering Ulu (OKU), Jl A. Yani Km 4.5 Kemelak, Baturaja.

Tiga Parpol dimaksud, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Persatuan Indonesia (Perindo) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura).

"Jadi pelaporannya itu memang dimulai pada 26 April sampai 1 Mei. Baru tiga Parpol yang telah menyerahkan LPPDK ke KPU OKU. Gerindra, Perindo dan Hanura,” ujar Komisioner KPU OKU Divisi Hukum, Jaka Irhamka, melalui Kasubag Hukum, Aidil Syahputra, tadi malam.

Dijelaskan Aidil, setelah laporan diterima pihaknya, laporan tersebut akan segera diteruskan ke Konsultan Akuntan Publik (KAP) melalui KPU Provinsi. Nanti mereka yang akan menelitinya.

Laoran tersebut merupakan laporan semua penerimaan serta pengeluaran dana kampanye, termasuk laporan calon anggota legislatif. Dan ada konsekuensi bagi yang tidak patuh.

"Untuk calon yang tidak sampaikan LPPDK 7, form lampiran penerimaan dan pengeluaran ini, mereka bisa gagal dilantik kalau terpilih," kata Aidil.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada partai peserta Pemilu untuk dapat tepat waktu sesuai dengan tahapan dalam menyerahkan LPPDK tersebut. [irm]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00