Siap-siap, KPK Bakal Periksa Khofifah

Hukum  KAMIS, 25 APRIL 2019 , 23:14:00 WIB

Siap-siap, KPK Bakal Periksa Khofifah

Khofifah Indar Parawansah / NET

RMOLSumsel. Gencar melakukan giat di Jawa Timur, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansah sebagai saksi dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) untuk tersangka Romahurmuziy alias Romi.

Namun pemeriksaan tidak dilakukan di Gedung KPK, melainkan di Mapolda Jatim.

"Ya informasi yang saya dapatkan begitu (di Mapolda Jatim). Tapi kita lihat besok ya jadwal secara lengkapnya," kata Febri kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan Jakarta, Kamis (25/4).

KPK, kata Febri, bukan tanpa alasan memeriksa Khofifah di Surabya. Karena, tim KPK sedang gencar melakukan giat di Jawa Timur, sehingga mengharuskan memeriksa Gubernur Jawa Timur itu di Mapolda Surabaya.

"Karna ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Surabaya sejak hari ini. Jadi kan tim juga terbatas ya penyidiknya. Sehingga beberapa kegiatan tersebut dilakukan di Jatim dan sekaligus ada beberapa kegiatan dilakukan disana," ungkap Febri.

Nama Khofifah pernah disebut-sebut oleh Romi seusai diperiksa oleh KPK beberapa waktu lalu. Menurut Romi, Gubernur Jatim adalah orang yang memberikan rekomendasi Haris Hasanuddin untuk mengisi jabatan Kakanwil Jatim.

"Ibu Khofifah Indar Parawansa beliau gubernur terpilih yang jelas-jelas mengatakan ‘Mas Romi, percayalah dengan Haris, karena haris ini orang yang pekerjaannya bagus’,” ujar Romi menuturkan perkataan Khofifaf kepadanya.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan sedikitnya tiga orang tersangka, yakni Romi, Kakanwil Kemenag Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi dan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Selama proses penyidikan kasus suap jual beli jabatan di Kemenag ini, sebanyak 63 orang saksi telah digarap oleh KPK. Saat OTT, KPK mengamankan uang Rp 156 juta dari tangan Romi yang diterima dari Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanuddin. [irm]



Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00