Dewa Minta Tidak Ada Lagi Debat Soal Beban Kerja Di OPD

Politik  KAMIS, 25 APRIL 2019 , 11:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Dewa Minta Tidak Ada Lagi Debat Soal Beban Kerja Di OPD

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, M,Si,/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Kurangnya pemahaman terkait analisis beban kerja dan analisis jabatan pegawai, menjadi persoalan serius yang sering timbul di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Pasalnya, ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, M,Si, persoalan tersebut sering kali menimbulkan perdebatan yang dapat mengganggu kinerja di masing-masing OPD.

Untuk itu, melalui kegiatan Asistensi Penyusunan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) yang dilaksanakan hari ini, Kamis (25/4/19), mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang ini memberikan ruang bagi seluruh OPD, dalam membahas dua persoalan tersebut.

"Melalui forum ini, silakan OPD melakukan perdebatan. Karena, pengusulan formasi pegawai hingga pengembangan karir adalah tanggungjawab OPD," sampainya.

Dewa menerangkan, guna analisis beban kerja dan analisis jabatan mulai penggodokan itu ada di OPD. Artinya, OPD yang menentukan kebutuhannya termasuk formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Jadi mereka yang memetakan, termasuk kebutuhan pegawai dan pejabat yang akan mengisi suatu jabatan di OPD tersebut," terangnya.

OPD diingatkan untuk menguasai aplikasi Kepegawaian serta administrasi secara optimal. Hal ini untuk menekan kemungkinan terjadinya korupsi dan mal-administrasi di OPD.

"Jangan sampai pejabat seperti kepala seksi atau kepala bagian mempertanyakan lagi kenapa antara bagian yang sati dan yang lain berbeda. Termasuk soal tunjangan, karena berbeda beban kerja, berbeda tunjangan yang diberikan," tandasnya.

Sementara itu Kabag Ortala Setda Kota Palembang Nurmala Sari SSTP MM mengatakan, kegiatan tersebut untuk mereview dan menyempurnakan penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja yang disusun oleh Organisasi Perangkat Daerah Kota Palembang.

"Kita mendatangkan narasumber dari Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan dihadiri oleh seluruh Sekretaris OPD," tandasnya.[sri]






Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00