Setelah Di Normalisasi PT SBP Sungai Jadongan Lancar

Ragam  SELASA, 23 APRIL 2019 , 12:35:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Setelah Di Normalisasi PT SBP Sungai Jadongan Lancar

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Curah hujan tinggi yang terjadi belakangan ini, berdampak pada genangan air di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk meminimalisir genangan air yang terjadi, PT Sumber Beton Pelangi (SBP) melalui program Corporate Social Responbility (CSR) nya, melakukan normalisasi sungai, salah satunya di Sungai Jadongan yang terletak di perbatasan Palembang-Banyuasin.

Direktur PT SBP, Jimmy Wijaya menerangkan, pengerukan sungai Jadongan menjadi salah satu wujud nyata program CSR yang dilaksanakannya. Dimana, pengentasan kawasan banjir tidak hanya jadi tanggung jawab pemerintah.

"Selama ini banyak masyarakat mengeluhkan tersendatnya aliran air akibat sendimentasi dan penumpukan sampah yang terjadi di sungai Jadongan. Dengan melakukan normalisasi sungai Jadongan ini dapat membantu masyarakat," teranngya.

Jimmy menjelaskann, normalisasi sungai Jadongan yang terletak di Kelarahan Talang Kelapa ini, dilakukan sepanjang 200 meter dengan lebar sekitar 6 meter.

"Sekitar 200 meter Sungai Jadongan, kita lakukan normalisasi dengan cara pengerukan menggunakan eskavator. Kita berharap ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Kedepannya juga, dengan telah dilakukan normalisasi ini, kedepan masyarakat di sekitar sungai Jadongan tidak mengalami banjir lagi, terutama musim penghujan.

"Kedepan tidak hanya sungai Jadongan, kita juga akan melakukan normalissi di sungi-sungai lain," tandasnya.

Sementara itu, Andri, warga yang bermukim di sekitar sungai Jadongan, mengucapkan terimakasih dengan program normalisasi yang dilakukan PT SBP.

Karena inilah yang selama ini menjadi keluhan warga, yang sering terjadi banjir karena meluapnya Sungai Jadongan, ditambah tidak lancarnya arus air sehingga curahan hujan melebar ke pemukiman warga.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak kelurahan dan instansi terkait, karena telah fasilitasi pengerukan sungai ini, terutama kepada PT SBP,"tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00