Perpusatakaan Harus Menyesuaikan Dengan Kemajuan Teknologi Informasi

Sosial  SENIN, 22 APRIL 2019 , 20:41:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Perpusatakaan Harus Menyesuaikan Dengan Kemajuan Teknologi Informasi

Dr Adin Bondar

RMOLSumsel. Dalam peraturan perundangan secara tegas dijelaskan bahwa masyarakat memiliki hak dalam memperoleh layanan dan pendayagunaan fasilitas perpustakaan. Untuk itu, perlu ada pengembangan yang dilakukan, sehingga perpustakaan dapat diminati masyarakat.

Melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Informasi Perpustakaan Kepala Bagian Perencanaan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Dr Adin Bondar, berharap perpustakaan kedepan dapat dikembangkan melalui pengelolaan yang profesional.

"Kita ingin Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, sehingga kedepan perpustakaan dapat menjadi sarana serta menjadi bekal untuk menggalangkan gemar membaca guna meningkatkan SDM dan taraf hidup masyarakat," sampainya.

Dr. Adin menerangkan, hari ini, Senin (22/4/19), pelaksanaan bimtek disasarkan kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten salah satunya di Palembang dan juga tiga kotakabupaten lainnya yakni OKI, Musirawas, dan juga Banyuasin.

Dimana, pemerintah dapat berperan aktif dalam memberikan layanan kepada pemustaka, salah satu yang dapat dilakukan ialah, dengan menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi yang terjadi saat ini.

Untuk meningkatkan kualitas layanan, perpustakaan dapat melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti masyarakat dan swasta.

"Berdasarkan Undang-Undang No.43 tahun 2007, peran perpustakaan sangat penting di dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jadi pemerintah dan pihak sewasta memiliki kewajiban dalam mengembangkan perpustakaan," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan, kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah daerah sehingga dapat terus berkelanjutan.

"Dengan terjadinya literasi penguat sehingga perpustakaan tidaklagi dipandang biasa saja namun akan menajdi ruangpublik yang memberikan layanan untuk kualitas hidup masyarakat," terangnya.

Sementar itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumsel, Prof Edward Juliartha yang membuka secara langsung kegiatan Bimtek tersebut menuturkan, adanya perpustakaan yang berkembang dengan teknologi dapat mengubah masyarakat untuk geamr membaca.

"Membaca adalah gerbang ilmu yang dapat memberikan perubahan. Sehingga tingkat literasi akan juga menyasar hingga ke daerah kota kabupaten," tandadasnya. [yip]

 

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00