Di TPS Wilayah Kota, Panwascam Banyak Temukan Ini

Politik  JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 19:20:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Di TPS Wilayah Kota, Panwascam Banyak Temukan Ini

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Panwascam setempat banyak menemukan kekurangan surat suara untuk dicoblos. Hal itu membuat beberapa masyarakat harus menunggu kedatangan surat suara tambahan.

Seperti halnya di Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur ada salah satu TPS kekurangan surat suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU. Temuan di desa asal Bupati OKU Kuryana Azis itu pun dibenarakan Panwaslu kecamatan setempat.

Dari temuan Panwascam, tercatat sedikitnya ada lima TPS yang mengalami kekurangan surat suara yang tersebar di kelurahan dan desa.

Diantaranya di TPS 03 Desa Tanjung Kemala terdapat kekurangan sebanyak 100 surat suara dari jumlah seharusnya 275, sementara saat ada dalam kotak suara hanya 175 lembar.

Selain itu di TPS 03 Kelurahan Sukaraya terdapat kekurangan surat suara calon Presiden sebanyak 51 lembar serta TPS 26 untuk calon DPD 100 lembar. Selanjunya Desa Tanjung Baru kekurangan 20 surat suara dan di TPS 25 Kelurahan Baturaja Lama juga ditemukan kekurangan 25 lembar surat suara presiden.

Benar kita mendapat laporan itu dan sudah kita cek di lapangan. Kami juga tidak tahu apa penyebabnya, surat suara itu dalam kotak, ketahuan saat pemilihan,” kata Saiful didampingi Fajri, anggota Panwascam Baturaja Timur.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum OKU Naning Wijaya saat dikonfirmasi membenarkan kasus tersebut. Naning mengakui jika itu kesalahan pihaknya saat pelipatan dan pengepakan.

Namun,  Naning mengaku jika hal itu sudah bisa diatasi. Sudah diganti surat suara baru, itu diambil ke TPS terdekat yang ada di wilayah itu. Alhamdulillah sudah aman,” katanya. Selain surat suara rusak ada beberapa TPS surat suaranya rusak. [sri]


Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00