Ratusan Personel Polri dan TNI Disebar Amankan Pemilu

Oleh: Irhamudin Sutan Parmato

Politik  SENIN, 15 APRIL 2019 , 19:50:00 WIB

Ratusan Personel  Polri dan TNI Disebar Amankan Pemilu

Apel pasukan Pam Pemilu Polres Mura/RMOLSUMSEL

RMOL Sumsel.Ratusan personel Polres Musi Rawas  mulai disebar ke seluruh wilayah hukum Polres Mura yang meliputi Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilu Polres Mura dilakukan di halaman Mapolres Mura, Senin (15/4).Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Mura, Hendra Gunawan.

Sesuai dengan arahan Kapolda Sumsel Irjend Zulkarnain, Hendra Gunawan berpesan, agar personil yang bertugas, menjadikan tugas sebagai ibadah, profesional, netral, melakukan cegah dini potensi konflik serta selalu menjadi nama baik institusi.

"Kami juga atas nama pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengucapkan selamat bertugas dan laksanakan tugas sebaik mungkin,"ujar Hendra Gunawan.

Kapolres Mura AKBP Suhendro melalui Kabag Ops Kompol Handoko Sanjaya mengatakan, total jumlah personil yang ditempatkan di wilayah hukum Polres Mura sebanyak 816 personil. Jumlah tersebut selain berasal dari internal Polres Mura sendiri juga di back up Brimob Bataliyon Petanang serta BKO personil Polda Sumsel. Ikut juga dalam bagian itu 60 orang anggota TNI dari Kodim  0406 MLM.

"Mereka langsung diberangkatkan ke lokasi penugasan masing-masing, dengan titik kumpul komando di seluruh Polsek jajaran dibawah Polred Mura,"ujarnya.

Untuk masing-masing personil sendiri menurut Handoko, akan langsung melakukan tugas pengamanan di TPS yang ada pada saat pemungutan suara, Rabu 17 April.  Hanya saja, mulai hari ini mereka langsung diterjunkan ke wilayah masing-masing untuk berkoordinasi langsung dengan penyelenggara pemilu di lapangan.

"Mereka sudah harus berkoordinasi dengan KPPS dan PPL untuk pelaksanaan pengamanan, seperti pengawalan kotak suara dan pengecekan TPS,"jelasnya.[sri]






Komentar Pembaca