KPU-Bawaslu-Gakkumdu Dituntut Ekstra Cepat

Hukum  JUM'AT, 12 APRIL 2019 , 12:47:00 WIB

KPU-Bawaslu-Gakkumdu Dituntut Ekstra Cepat
RMOLSumsel. Tinggal 5 hari lagi Bangsa Indonesia akan melaksanakan Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2019. Jika kasus surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia belum terselesaikan hingga 17 April, Pemilu 2019 cacat.

"Kelompok 02 (Prabowo-Sandi) menuduh pelakunya 01 (Jokowi-Maruf) sistematis, kira-kira begitu kelompok 01 juga menuduh ini kira-kira bagian dari sistematisasi men-downgrade atau melegitimasi Pemilu sekarang, kan begitu," ujar  pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat pagi (12/4).

Menurut dia, kuncinya ada di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Sentra Penegakan Hukum (Gakkumdu) untuk mengakhiri kegaduhan Pemilu ini.

"Ini akan membuat kegaduhan-kegaduhan nggak kelar-kelar karena publik pasti kan melihat apa yang diomongin KPU, apa yang disampaikan Bawaslu. Maksud saya sentra Gakkumdu itu segera mengeksekusi bahwa apa yang terjadi di Malaysia, itu harus diungkap kebenarannya, harus dipastikan apakah itu hoax atau tidak," tegasnya.

Adi mengingatkan, daya rusak temuan di Malaysia ini luar biasa. Orang akan menilai di Malaysia bisa terjadi kecurangan apalagi di negara lain.

"Jadi seakan-akan mengkonfirmasi bahwa ada kecurangan atau potensi potensi manipulasi suara yang akan terjadi di Pilpres," tuturnya

Pemilu 2019 bisa dianggap penuh kecurangan. "Hasilnya pun adalah orang orang yang dilahirkan oleh sistem pemilu yang curang, kan gak bagus demokrasi kita," imbuhnya.

Makanya harus segera ada informasi kebenaran temuan itu dari KPU, Bawaslu, dan Sentra Gakkumdu. [ida]

Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00