Prabowo Dikeroyok 3 Gubernur..

Kedipan Mata Rosyida  KAMIS, 11 APRIL 2019 , 23:50:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Prabowo Dikeroyok 3 Gubernur..
ENAM hari lagi pesta demokrasi Pemilu Serentak 2019 akan dilaksanakan. Sehubungan itu, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi wilayah yang diperebutkan oleh Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) dan Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi).

Prabowo menganggap Provinsi Sumsel sebagai wilayah sangat penting untuk direbut.  Di tahun 2014 Prabowo, yang saat itu berpasangan dengan Hatta Radjasa, unggul dalam perolehan suara.

Sementara itu Capres-Cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) saat itu menelan pil pahit di Sumsel. Sebab JK tidak didukung oleh Partai Golkar. H Alex Noerdin, Gubernur sekaligus Ketua Umum DPD Partai Golkar Sumsel mendukung Prabowo-Hatta. Sebab di Pilpres 2014, Golkar mengusung Prabowo-Hatta.

Bagaimana dengan Pilpres 2019? Siapa yang bakal keluar sebagai Pemenang kompetisi memperebutkan suara Wong Sumsel? Apakah Prabowo-Sandi atau Jokowi-Ma'ruf?

Sampai sejauh ini, yang terjadi adalah adu klaim dan asa. Prabowo saat kampanye di Palembang mengharapkan kemenangan 80 persen suara di Sumsel. Sedangkan Ketua DPD Partai Gerindra H Aswari Rivai menargetkan Prabowo-Sandi menang dengan mengantongi 65 persen suara. Di sisi lain, Jokowi-Ma'ruf juga memprediksi bakal menangi 65 persen suara.

SULIT menebak siapa yang bakal menang. Sebab kondisi terbalik terjadi di Pilpres kali ini. Ambil contoh dukungan. Jika pada 2014 Prabowo-Sandi dapat dukungan Gubernur Sumsel ketika itu H Alex Noerdin, sekarang tidak lagi. Prabowo-Sandi dapat dukungan dari mantan Bupati Lahat Aswari Rivai dan mantan Walikota Palembang H Eddy Santana Putra.

Sebaliknya Pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf mendapatkan dukungan dari setidaknya 3 Gubernur Sumsel. Mereka adalah Gubernur H Herman Deru, mantan Gubernur Syahrial Oesman, dan H Alex Noerdin. Mereka bertiga juga mantan bupati. H Herman Deru dua periode jadi Bupati OKU Timur; Alex Noerdin, Bupati Musi Banyuasin, dan Syahrial Oesman mantan Bupati OKU.

MENCERMATI kondisi ini, Sumsel tidak dapat dengan  mudah untuk ditaklukkan oleh masing-masing pasangan calon. Prabowo-Sandi tetap harus bekerja keras. Mereka tidak boleh ternina bobok oleh nostalgia kemenangan di Sumsel 5 tahun lalu.

Demikian pula dengan Jokowi-Ma'ruf. Mereka dituntut  berjuang dengan gagah untuk memenangi hati para calon pemilih.  Didukung oleh 3 gubernur. Jokowi-Ma'ruf bukan jaminan untuk bisa mendulang suara dengan mudah.  Gubernur yang tengah berkuasa sekalipun, tidak bisa berbuat banyak untuk menolong capres-cawapres yang didukungnya. [*]

Komentar Pembaca
Marhaban ya Ramadhan..

Marhaban ya Ramadhan..

MINGGU, 05 MEI 2019

Biarlah Mereka Ribut Sendiri..

Biarlah Mereka Ribut Sendiri..

MINGGU, 21 APRIL 2019

NYOBLOS YUUK...

NYOBLOS YUUK...

RABU, 17 APRIL 2019

KAMPANYE PAMUNGKAS...

KAMPANYE PAMUNGKAS...

SABTU, 13 APRIL 2019

Kampanye PAS Besok Pasti

Kampanye PAS Besok Pasti "Sepi"..

SENIN, 08 APRIL 2019

Jokowi pun Memilih Hujan-hujanan....
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00