Lantik Forum Kader Posyandu Indonesia Kabupaten Lahat

HD: Prioritaskan Peralatan Posyandu

PEMPROV SUMSEL  KAMIS, 11 APRIL 2019 , 15:44:00 WIB

HD: Prioritaskan Peralatan Posyandu

Gubernur Herman Deru Lantik Dan Kukuhkan FKPI Lahat/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Setelah pelantikan dan pengukuhan Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) Sumsel beberapa waktu lalu, Gubernur Sumsel juga menghadiri pelantikan dan pengukuhan FKPI Lahat.

Sebanyak 33 orang dilantik dan dikukuhkan sebagai Dewan Pengurus Cabang ( DPC) FKPI Lahat, di gedung kesenian Lahat pada Kamis (11/04) pagi, oleh Ketua Umum FKPI Sumsel Baharudin disaksikan Gubernur Herman Deru dan Bupati Lahat Cik Ujang.

Usai pelantikan DPC FKPI Lahat, Gubernur Herman Deru dalam sambutannya di hadapan para kader Posyandu Lahat yang notabene adalah kaum perempuan dan juga kaum Ibu mengungkapkan dirinya melihat pancaran Kartini Milenial di wajah para kader Posyandu. Terlebih lagi sehari sebelumnya Sumsel baru saja berhasil menorehkan rekor Muri 4522 orang berkebaya dan kain jumputan.

Lebih lanjut, lelaki 51 tahun kelahiran Belitang, Oku Timur itu berpesan dan meminta kepada Bupati Lahat Cik Ujang untuk mengutamakan dan menyediakan keperluan peralatan dasar bagi Posyandu.

"Kepada pak Bupati, saya harapkan untuk menganggarkan keperluan bagi Posyandu. Terutama peralatan dasar Posyandu. Ada tiga peralatan dasar yang harus dimiliki Posyandu. Pertama, tolong sediakan alat timbangan balita, kedua alat tensi darah, dan ketiga kursi roda bagi kaum disabiltas dan kaum jompo," jelasnya.

Menurut Bupati termuda pada masanya itu, dirinya kerap kali melihat dan merasa miris dengan minimnya peralatan yang ada di hampir semua Posyandu. Padahal ketiga peralatan tersebut merupakan sangat diperlukan di Posyandu.

Sebagai Gubernur, Herman Deru mengaku dirinya tidak hanya cukup bangga saja, namun juga telah memberikan bantuan bagi Posyandu Sumsel sebesar Rp 5 juta per desa di 3500 desa di Sumsel. Selain itu, Herman Deru  berharap kepada seluruh kader Posyandu untuk bekerja seikhlasnya dan dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

"Kader Posyandu agar dapat memberikan sentuhan dalam pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya sentuhan medis saja, tetapi berikan juga sentuhan rohani. Jadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan yang mengandung nilai ibadah, karena mengurus bayi dan ibu hamil dan lansia," imbuhnya.

Selain itu, nantinya jika kepengurusan FKPI di seluruh kabupaten/kota di Sumsel telah terbentuk, Gubernur Herman Deru mendorong agar Duta Literasi Sumsel Percha Leanpuri juga dapat menjadi Duta Posyandu.

Ketua Umum FKPI Baharudin menjelaskan tujuan dibentuknya kader Posyandu selain untuk mencari ridho Allah SWT, juga untuk membantu masyarakat prasejahtera.

"Ada 33 orang kader Posyandu yang dilantik hari ini. Sementara di Lahat terdapat 449 Posyandu, dengan jumlah kader 2244 orang, dan ada peserta kader sebanyak 65.416 orang," beber Baharudin.

Di lain pihak, Bupati Lahat Cik Ujang menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Herman Deru yang telah sering melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lahat.

"Saya merasa bangga dan senang atas kunjungan dan kehadiran Gubernur Sumsel Herman Deru di Kabupaten Lahat. Meskipun baru beberapa bulan dilantik sebagai Gubernur Sumsel, beliau beserta istri kerap berkunjung ke sini," kata Cik Ujang.

Turut hadir dalam pelantikan dan pengukuhan DPC FKPI Lahat Ketua DPW  Sumsel Sukardi, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia, dan Duta Literasi Sumsel Percha Leanpuri.[rel/rik]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00