Sukseskan Pemilu 2019

KPU OKU Siapkan Genset 25 Ribu Watt

Daerah  KAMIS, 11 APRIL 2019 , 14:57:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

KPU OKU Siapkan Genset 25 Ribu Watt
RMOLSumsel. Menghadapi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif, Rabu, 17 April pekan depan, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu (KPU OKU), terus melakukan berbagai persiapan termasuk mempersiapkan operator Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Kemarin sampai tadi pagi pelaksanaan uji coba terakhir Situng,” ucap Komisioner KPU OKU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Yudi Risandi, kepada Kantor Berita RMOL Sumsel, Kamis (11/4).

Dikatakan Yudi, pada proses Pemilu, masing-masing KPU termasuk KPU OKU wajib mengupload formulir C1 (Hasil rekapitulasi dari hasil perhitungan suara yang didapat dari peserta Pemilu) dan formulir DAA (Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Panitia Pemilihan Kecamatan).  

"Formulir C1 ini hasil dari TPS yang di scan melalui proses scanner yang kemudian di upload ke program yang telah disediakan KPU RI,” ucap Yudi.

Dilanjutkan Yudi, operator Situng yang mengikuti uji coba terakhir pelaksanaan Situng adalah 28 operator termasuk didalamnya Komisioner KPU, masing- masing 3 verifikator dan 25 operator. Verifikator ini berfungsi untuk melakukan pengecekan berkas dan lain sebagainya.  

Kalau sejauh ini sejak pertama pelaksanaan ujicoba Situng kita tidak ada kendala masalah jaringan,” tukas Yudi.

Namun, lanjut Yudi, pelaksanaan kemarin merupakan uji coba Situng salah satunya untuk mengetahui perkembangan program dan kendala yang dihadapi nanti ketika pelaksanaan pada hari H.  

"Jadi, dengan adanya ujicoba ini setidaknya KPU OKU dapat mengetahui hal apa yang harus dipersiapkan. Nah, dari ujicoba terakhir ini kita tidak menemukan kendala,” timpal Yudi.

Hanya saja, lanjut Yudi, pihaknya mengharapkan bahwa nantinya pada pelaksanaan 17 April mendatang tidak ada kendala jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi.  

Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan generator set (genset) kapasitas 25.000 watt yang merupakan pinjam pakai dari PLN Rayon Baturaja.

"Untuk jaringan telekomunikasi kita telah bekerjasama dengan PT Telkom dan kita mendapat kapasitas jaringan 50 Mbps,” tandas Yudi.

Diterangkan Yudi, untuk mengatasi kesulitan petugas TPS di luar kota Baturaja mengupload formulir C1 dan DAA ke program yang disediakan KPU RI, mekanismenya bahwa pasca penghitungan bahwa formulir C1 ada yang ditempel di TPS, ada yang ditempel di kantor Desa/Kelurahan dan ada satu rangkap yang dititipkan lewat PPS untuk dikumpulkan di PPK yang nantinya diantarkan ke KPU.

Hal ini telah kita sampaikan di setiap pertemuan dan pada saat bimbingan teknis dan telah dilaksanakan pada 2014 dan 2018 yang lalu,” ungkap Yudi.

Hanya saja, pihaknya belum dapat memastikan masalah waktu. Untuk itu, pihaknya berharap dua hari pasca penghitungan seluruh C1 semuanya sudah di upload di programnya KPU RI.

Dalam Situng ini ada dua mekanisme. Scan sebagai bukti otentik barang dan kedua hasilnya di entry,” tandas Yudi.

Artinya, dari 1243 TPS di OKU terdapat 1243 lembar formulir C1 ditambah 13 DA1 dan DAA. Formulir pangkal C itu dari TPS dan Formulir pangkal D itu dari kecamatan,” pungkas Yudi.[rik]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00