Penampilan 7.289 Penari Rejang Renteng Memukau

Budaya  MINGGU, 31 MARET 2019 , 23:45:00 WIB

Penampilan 7.289 Penari Rejang Renteng Memukau

net

RMOLSumsel. Penampilan Tari Rejang Renteng yang digelar di Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun ke-415 Kota Singaraja, Buleleng, Bali menarik perhatian publik.

Pasalnya, tarian ini ditampilkan secara massal oleh 7.289 penari dari 144 desa di sembilan kecamatan. Mereka tumpah ruah di jalanan Kota Singaraja, mulai dari Jalan Pramuka, Jalan Ngurah Rai, hingga Jalan Veteran pada Sabtu (30/3).

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengaku bangga dengan penampilan ini. Terlebih, dia sudah melihat antusiasme penari mulai dari latihan yang digelar.

Selain memeriahkan acara HUT Kota Singaraja, Suradnyana menilai tarian ini juga bagian dari bentuk persembahan kepada sang pencipta, Ida Sang Hyang Widi Wasa dan pelestarian budaya lokal.

Ke depannya saya ingin mereka mementaskan tarian yang lainnya, katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (31/3).

Tari Rejang Renteng massal ini diyakini menjadi penampilan dengan jumlah penari terbanyak di Bali. Namun demikian Suradnyana enggan mencatatkan penampilan tersebut dalam museum rekor.

Menurut saya, tarian ini murni sebagai bentuk ketulusan dari para penari yang dipersembahkan ke masyarakat Buleleng, terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Gede Komang juga menjelaskan bahwa tarian tersebut memang bermakna sebagai persembahan untuk bekerja tanpa pamrih dengan segala ketulusan dan keikhlasan.

"Jadi konsep tariannya adalah Ngayah,” kata Gede Komang.[sri]







Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00