Pentingnya Sport Massage dan Reposisi Cidera Profesional Di Sumsel

Olahraga  SABTU, 30 MARET 2019 , 16:29:00 WIB | LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

Pentingnya Sport Massage dan Reposisi Cidera Profesional Di Sumsel
RMOLSumsel. Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang selama ini dikenal dengan kota Olahraga. Hal ini tak lepas dengan banyaknya even olahraga yang diselegarakan di kota Palembang dalam satu dekade terakhir.

Tahun lalu, kota pempek itu sukses menghelat multi even olahraga Asian Games 2018 bersama Jakarta. Meskipun identik dengan kota Olahraga namun Palembang masih kurang dengan tenaga sport massage profesional.

Malahan SDM yang menguasai sport massage di tanah air sangat minim dan masih banyak dilakukan secara tradisional. Atas dasar itulah Sriwijaya Sport.id menyelenggarakan pelatihan  sport massage, reposisi cidera dan level 1 nasional.

Pelatihan yang digelar selama dua hari dari 30 sampai 31 Maret di Hotel Majestic Palembang diikuti oleh 39 peserta dari kalangan olahragawan, akademisi dan mahasiswa di wilayah Sumsel, serta peserta dari Sumatera Barat dan Lampung.

Instruktur Nasional Tommy Fondy M.Pd mengatakan seiring dengan banyaknya cabang olahraga di Indonesia dan berkembangnya multi even olahraga justru tenaga sport massage masih minim. Maka dari itu kegiatan pelatihan tenaga sport massage dan reposisi cidera perlu diperbanyak untuk menambah minat masyarakat menggeluti profesi ini.

"Profesi ini semakin berkembang dengan banyaknya permintaan tenaga sport massage profesional namun tetap saja profesi ini masih kurang," katanya.

Pria kelahiran Jakarta 25 Desember 1970 itu mengatakan pentingnya pelatihan ini untuk membantu proses penyembuhan cidera atlet di seluruh cabor. Dijelaskannya terhambatnya proses penyembuhan cedera karena olahraga biasanya karena pasien atau atlet menyepelekan teknik manipulasi pijat olahraga dan mereka menganggap itu hanya pijat biasa atau ditangani oleh terapis yang kurang menguasai teknik pijat olahraga.

Karena Otot itu bisa diraba dan dirasakan tingkat kekenyalannya, tingkat fleksibilitasnya efek cedera berupa panas, bengkak,merah dan rasa nyerinya. "Sebenarnya di masyarakat masih banyak yang menggunakan tenaga tradisional namun hal itu berbeda jika akan masuk ke cabor atau institusi olahraga karena diperlukan tenaga ahli yang berlisensi profesional. Karena itu pelatihan ini memang sangat penting," jelas Tommy yang pernah mengemban ilmu reposisi tulang di Mainz University, Jerman.

Sementara itu Ketua pelaksana Muhammad Akmal Almy M.Or mengatakan pihaknya juga bekerjasama aplikasi online sehingga memudahkan dalam menyalurkan para tenaga sports massage dan repossi cidera mendapatkan pelanggan.

"Ya, artinya para masseur nantinya bisa langsung bekerja karena massage bukan hanya untuk sports atau reposisi cidera namun juga bisa untuk yang mebutuhkan relaksasi," pungkasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00