Antisipasi Hoax, Warga Harus Cerdas

Ragam  SELASA, 26 MARET 2019 , 15:17:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Antisipasi Hoax, Warga Harus Cerdas
RMOLSumsel. Informasi yang mudah diakses di zaman serba canggih ini, kerap dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menyebar berita bohong alias hoax.

Oleh karenanya, masyarakat didorong untuk cerdas dalam memilah informasi dan berita dunia maya. Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan tipuan hoax tersebut. Bahkan tak jarang ikut menyebarkan informasi palsu itu.

Demikian disampaikan akademisi sekaligus pakar ilmu komunikasi Prof. Isna Wijayani, usai acara Seminar Nasional Tren Public Relation di Era Industri 4.0 yang digelar FISIP Universitas Baturaja (Unbara).

Jika hoax tersebar, lanjut dia, tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah yang menjadi objek informasi atau berita hoax tersebut.

Nah, aar tak mudah terhasut, Prof. Isna Wijayani sedikit memberikan tips. Diantaranya, paling tidak masyarakat mesti dapat berfikit secara logika mengenai info yang didapat.

Kemudian, tidak serta merta menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain, tanpa dikroscek dulu kebenarannya.

"Masyarakat harus bisa mengolah informasi yang didapat dari manapun secara cerdas," tegasnya.

Diketahui, bahwa menyebarkan atau memberikan informasi buruk di internet bisa terancam pidana pasal 310 dan 311 KUHP dan undang-undang ITE.

Oleh karenanya, warga dihimbau mengecek dulu informasi yang ingin disebarkan, sehingga tidak merugikan orang lain dan bersinggungan dengan hukum.[rik]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00