Inilah Tips Bikin Listrik Rumah Lebih Hemat

Sosial  SABTU, 23 MARET 2019 , 17:06:00 WIB

Inilah Tips Bikin Listrik Rumah Lebih Hemat

ilustrasi/net

RMOLSumsel. Bicara kehidupan di zaman sekarang tentu tak akan pernah lepas dari kebutuhan akan listrik. Coba bayangkan saja, apa jadinya jika kita hidup tanpa listrik? Jangankan berhari-hari, beberapa menit tanpa listrik saja kita akan kalang kabut karena semua aktivitas terhambat.

Kehadirannya sebagai tokoh utama dalam kelancaran aktivitas kita setiap hari, tak dipungkiri kalau terkadang kita suka panik saat cek tagihan listrik yang melebihi prediksi. Hal ini kerap terjadi akibat banyak faktor. Entah itu pemakaian barang elektronik dalam jumlah banyak dalam satu rumah, atau terjadinya kelalaian saat kita lupa mematikannya setelah dipakai. Untuk itu, mulai sekarang coba deh contek tips berikut supaya penggunaan listrik lebih hemat:

1.Cabut kabel alat elektronik dari sakelar setelah selesai digunakan

Ada satu kebiasaan yang secara sadar atau tidak kerap dilakukan oleh banyak orang, yakni membiarkan kabel barang elektonik tetap tercolok pada sakelar meski alat tersebut selesai digunakan. Walaupun alat elektronik sudah dalam keadaan mati atau off, selama kabel masih tercolok di sakelar, akan tetap ada aliran listrik yang akan dihitung oleh pengukur. Untuk itu jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan tercolok pada sakelar ya!
2.Mulai beralih ke listrik prabayar

Penggunaan listrik dengan sistem prabayar yang kini semakin populer, terbukti dapat membuat pengeluaran kamu menjadi lebih hemat dan efisien. Dengan menggunakan listrik yang penggunaannya seperti provider pulsa ponsel ini, kita sudah dapat mengira-ngira berapa banyak listrik yang akan kita pakai beberapa waktu ke depan karena jumlahnya sudah kita ketahui sejak kita membeli jumlah kuota listrik di awal.
3.Awasi pemakaian lampu di rumah

Demi pencahayaan ruangan yang maksimal, biasanya seseorang membiarkan lampu menyala terus tanpa memedulikan waktu Padahal, sekecil apapun watt lampu yang digunakan, akan memberi pengaruh besar terhadap jumlah tagihan listrik. Cobalah utnuk mulai membiasakan mematikan setidaknya dua lampu selama pukul 5 sore hingga 8 malam, dan gantilah lampu-lampu di rumah dengan lampu hemat energy.
4.Pantau penggunaan alat pendingin

Alat pendingin seperti AC dan kulkas tentunya juga tak lepas dalam kehidupan sehari-hari. Untuk penggunaan AC tentunya wajib diperhatikan kapan perlunya kita menggunakan pendingin udara ini. Jika suhu udara normal sebaiknya tak perlu berlama-lama menggunakan AC. Begitu pula dengan penggunaan kulkas. Hindari mengisi ulkas terlalu penuh dan jangan sampai kamu membuka pintu kulkas terlalu lama, karena hal-hal tersebut memengaruhi kinerja kulkas yang mesinnya akan bekerja lebih tinggi untuk menyesuaikan suhu.

5.Tidur tanpa alat elektronik

Mulailah meninggalkan kebiasaan membiarkan televisi menyala selama kamu tidur. Hal ini tentu menyumbang banyak tagihan utnuk iuran listrik kamu. Selanjutnya, coba juga untuk membiasakan tidur dengan keadaan lampu mati. Selain lebih baik untuk regenerasi kulit, cara ini pastinya akan membantumu menghemat listrik. Kebiasaan lain yang juga perlu dihentikan adalah membiarkan gadget tercolok semalaman. Kamu pasti tau kalau kebiasaan ini dapat merusak baterai gadget juga. [yip]





Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00