Deteksi Kerawanan, KPU Lahat Simulasi Pemungutan Suara

Politik  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 22:42:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Deteksi Kerawanan, KPU Lahat Simulasi Pemungutan Suara

Simulasi pemungutan suara di TPS Pemilu di Lahat / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. KPU Kabupaten Lahat bersama Polres Lahat, dan Kodim 0405 Lahat, gelar simulasi pemungutan suara di TPS Pemilu 2019, simulasi ini dipusatkan di Lapangan Seganti Setungguan usai gelar pasukan Ops Mantap Brata, menghadapi PAM kampanye terbuka dan pencoblosan, Jumat (22/3).

 

Ketua KPU Lahat, Nana Priana menuturkan, simulasi tersebut bertujuan untuk mendeteksi potensi kerawanan di tempat pemungutan suara (TPS). Untuk itu sejumlah adegan diperankan, agar mengenal ancaman yang mungkin muncul saat pencoblosan. 

 

"Kita optimis, maskipun jumlah surat suaranya banyak, masyarakat tidak akan kesulitan saat mencoblos," kata Dia.

 

Dari 5 surat suara yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Lahat. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 menit lebih, untuk satu pemilih melakukan proses pencoblosan di bilik suara.

 

"Dari simulasi ini petugas pengamanan bisa melihat, kerawanan apa saja yang bisa terjadi, juga cara menanganinya," ucapnya. 

 

Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap mengatakan, pihaknya siap mensukseskan jalannya Pemilu serentak ini. Selain simulasi ini, hal lain juga perlu mendapatkan perhatian. Seperti alur distribusi logistik pemilu, ke daerah yang sulit ditempuh. 

 

"Kita pastikan seluruh anggota jajaran Polres Lahat,  siap mensukseskan Pilkada serentak ini. Baik dari pengawalan logistik,  pengamanan, hingga pencegahan kerawanan," tandas Ferry. [irm]


Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00