Ormas Lintas Agama Komitmen Jaga Tampuk Pimpinan Jokowi-JK

Politik  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 20:58:00 WIB

Ormas Lintas Agama Komitmen Jaga Tampuk Pimpinan Jokowi-JK

Jokowi-JK / NET

RMOLSumsel. Organisasi kemasyarakatan (ormas) lintas agama berkomitmen menjaga tampuk pimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla hingga presiden dan wakil presiden yang terpilih di Pemilu 2019 dilantik.

Sekretaris Umum Lembaga Persahabatan Umat Islam (LPOI), Lutfi A Tamimi menegaskan, ormas-ormas yang notabene dipimpin oleh pemuka agama itu telah bersepakat untuk menghormati apapun hasil pemilu.

Namun ditekankannya, sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober nanti, tidak boleh ada satupun pihak yang boleh memaksa masuk ke Istana Negara untuk merebut kekuasaan.

"Kami semua tokoh agama sudah sepakat yang namanya Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla dan Presiden RI Joko Widodo tidak boleh diseruduk. Bagaimanapun sampai bulan Oktober dia wakil presiden dan presiden kita. Itu komitmen kita," tegasnya di sela-sela Deklarasi Pemilu Damai di Kantor LPOI, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Semua pemuka agama di negeri ini, sambung Lutfi, tidak mau Indonesia menjadi hancur sebagaimana yang terjadi pada negara lain. Untuk itu, pihak keamanan, baik itu pihak kepolisian dan TNI, diminta berlaku tegas.

"Yang bikin rusuh, kasih biji melinjo. Tahu apa, peluru," tekannya.

Hadir dalam acara itu berbagai petinggi organisasi keagamaan. Di antaranya adalah LPOI selaku tuan rumah, Al Irsyad Al Islamiyyah, Persatuan Islam (Persis), Nahdatul Ulama (NU), Syarikat Islam Indonesia, Mathlaul Anwar, Al-Jamiyatul Washliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), Al Ittihadiyah, Az-Zikra, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Persatuan Umat Islam (PUI), HBMI.

Kemudian Nahdlatul Wathan, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), serta Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi). [irm]



Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00