Tak Puas Usai Coblos Ulang, Massa Kacaukan Pemilu

Daerah  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 20:16:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Tak Puas Usai Coblos Ulang, Massa Kacaukan Pemilu

Kisruh Pemilu / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Massa yang ingin menggagalkan Pemilu 2019, berhasil pecah kocar-kocir saat air dari selang mobil pemadam kebakaran ditembakkan ke arah konsentrasi massa.


Sebelumnya, massa sempat beringas bahkan sampai membakar ban mobil bekas dan melempari aparat kemanan dengan botol air mineral dan benda-benda lainnya.

Ratusan massa yang melakukan aksi unjuk rasa ini datang dari pihak yang merasa tidak puas karena gagal mencoblos ulang di  TPS 3 Melati.

Pengacau di TPS saat pencoblosan ulang ini diamankan petugas, massapun tidak puas. Didetik-detik yang mendebarkan dan nyaris terjadi ‘chaos’, dengan sigap petugas yang mengendarai sepeda motor langsung melepaskan gas air mata untuk menghalau massa. Kerumunan massa pun pecah dan lari kocar kacir menyelamatkan diri.

Ini merupakan simulasi sistem pengamanan  pada Pemilu dan pilpres di OKU tahun 2019, yang dipusatkan di Terminal Tipe A Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Jumat (22/3).

Simulasi itu disaksikan Kapolres OKU, AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari, Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis, dan Dandim 0403/OKU, Letkol Agung Widodo S.Sos. Ketua KPUD OKU Naning Wijaya  ST. Kepala Badan Kesbangpol Taufiq Zubir SH MM, para Kepala Dinas dan Camat.

Kapolres didampingi Ketua Pelaksana Simulasi Latihan Kompol Mahmuddin Ginting  menjelaskan, 600 personil dikerahkan dalam Simulasi Latihan Sispam Kota dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pilpres  Tahun 2019.

Dengan rincian Polri sebanyak 250 Personil terdiri dari Satgas Deteksi, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Pam Obvit, Satgas Gakkkum/Gakkumdu dan Satgas Ban Ops.

Kemudian TNI Kodim 0403/OKU sebanyak 30 Personil. Sat Pol PP sebagai pasukan Dalmas Pendukung 60 Personil. Kemenhub 30 Personil, Personil PBK 20 Orang, Dinas Kesehatan 10 orang dan peserta pendukung sebanyak100 orang.

Simulasi Latihan Sispam Kota ini urai Kapolres, memperagakan tiga latihan. Pertama ada oknum pemilih yang mencoblos di 3 TPS berbeda sehingga memancing keributan di TPS.  

Kemudian penghadangan pengiriman kotak surat suara hasil pemungutan suara dan ketiga penyerangan ke Kantor Bawaslu OKU yang  berbuntut pada aksi dorongan-dorongan dengan massa dan aparat kemananan sehingga nyaris terjadi chaos. Untunglah berkat kesigapan aparat keamanan situasi berhasil dikendalikan. [irm]



Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00