Dewa Tidak Ambisius dan Jalani Seleksi Sekda Seperti Air Yang Mengalir

Ragam  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 19:45:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Dewa Tidak Ambisius dan Jalani Seleksi Sekda Seperti Air Yang Mengalir

Ratu Dewa / RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Enam nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) memiliki kesan tersendiri saat mengikuti seleksi yang dilaksanakan hari ini, Jumat (22/3/19).

Dimana, pada seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang kali ini, seluruh calon harus mengerahkan seluruh kemampuannya, untuk meyakinkan panitia seleksi.

Seperti yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) dan Plt Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang Ratu Dewa, dimana ia menikmati proses tersebut, untuk menghindari ketegangan saat menghadapi pansel.

"Saya mendapat urutan ke lima dan mendapat tema pembahasan mengenai hubungan pemerintah daerah dengan DPRD. Alhamdulillah semuanya bisa dilalui dengan lancar," sampainya.

Dalam tahapan kali ini, sambung Dewa dirinya teringat saat mengikuti Diklat PIM II. Dimana, dalam membuat satu permasalahan, pembahasan latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan, pembahasan lagi, penyampaian visi misi sebagai Sekda, kesimpulan, sampai akhirnya pada tahapan rekomendasi dan saran.

"Jadi disini saya buat secara sistematis, dengan menggunakan tulisan tangan. Meski laptop untuk pemaparan disediakan, saya memilih untuk menulis menggunakan tangan sambil menjelaskan kepada pansel," ungkapnya.

Dewa mengaku optimis dengan jawaban yang diberikannya. Dimana, tahapan ini menjadi hal yang menyenangkan, karena memiliki pengalaman mengikuti seleksi ini.

"Saya tidak pernah membayangkan akan melangkah sejauh ini. Sebab ia mengaku merintis karir dari staf hingga posisi kepala dinas sekarang. Dan saya berharap hal ini juga akan dilakukan oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena semuanya memiliki kesempatan yang sama, tanpa melihat latar belakang keluarga," imbuhnya mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Palembang ini, saat dibincangi RMOL Sumsel, di Hotel Arista Palembang, Jumat (22/3/2019).

Dewa berpesan, untuk mencapai puncak karier sebagai seorang ASN, hal utama yang harus dilakukan adalah mengedepankan moralitas, idealisme untuk bekerja dengan baik.

"Dapat mengikuti seleksi ini jadi hal yang membanggakan, dan saya tidak ambisius untuk terpilih, ini dijalani seperti arus air mengalir.  Tapi saya tetap optimis," tandasnya. [irm]



Komentar Pembaca
Jika KPU Tak Netral, People Power Bisa Terwujud
Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

Warga Madura Tawarkan Senjata Untuk La Nyalla

SENIN, 22 APRIL 2019 , 15:00:00

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00