Pengawas TPS Harus Pahami Aturan Pemilu

Politik  JUM'AT, 22 MARET 2019 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Pengawas TPS Harus Pahami Aturan Pemilu

rmolsumsel

RMOLSumsel. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Dewantara mengingatkan kepada Panwaslu Kecamatan (Panwascam) agar paham aturan Pemilu serta menguatkan dan meningkatkan kinerja yang sudah baik saat ini.

Yang Paling penting, kata Dewantara, dalam waktu dekat ada agenda pelatihan saksi TPS Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu dan Pelatihan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang baru saja selesai dibentuk. PTPS ini rencananya akan dilantik pada 25 Maret mendatang.

"Pengawas Kecamatan harus paham bagaimana cara melatih saksi di TPS agar tidak salah persepsi di TPS. Pastikan juga Pengawas TPS bisa paham tentang aturan pemilu,” kata Dewantara saat kegiatan Rapat Kordinasi Persiapan Fasilitas Pengawasan TPS dan Pelatihan Saksi Pemilu 2019 di Hotel Bil Baturaja.

Mengapa hal itu harus dilakukan? Sebab, kata Dewantara, apabila pengawas kecamatan salah melatih saksi ataupun Pengawas TPS, maka bisa saja timbul masalah di TPS. Baik salah paham maupun salah persepsi. Bahkan berkemungkinan menimbulkan pelanggaran- pelanggaran di TPS wilayah kecamatan.

"Saya harapkan kegiatan hari ini untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan pemilu mendatang. Ikutilah kegiatan ini secara sempurna. Pahami dan apa yang disampaikan pemateri, jika belum paham tanyakan,” kata Dewantara di hadapan Panwascam se-Kabupaten OKU.

Pada kesempatan itu, lanjut Dewantara, ada dua agenda yang paling penting dan utama, yaitu agenda proses pemilihan dan penghitungan di TPS.

Bahkan tiga hari sebelumnya ada agenda yang harus tetap diawasi yakni penyebaran undangan untuk pemilihan Calon DPR RI, DRPD Prov, DPRD Kab/kota, DPD dan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Pastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS dalam satu hari,” tegasnya.[sri]







Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00