Sudah Dipasangi Stiker, APK Melanggar Belum Dicopot

Politik  RABU, 20 MARET 2019 , 12:14:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Sudah Dipasangi Stiker, APK Melanggar Belum Dicopot
RMOLSumsel. Sejumlah alat peraga kampanye (APK) Pasangan Calon Presiden (Capres) RI, baik Nomor Urut 01 maupun Capres Nomor Urut 02,  terpantau melanggar. APK kedua capres yang melanggar ini ditempeli stiker bertuliskan 'alat peraga kampanye melanggar' oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pantauan Kantor Berita RMOLSumsel, Rabu (20/3),  APK Capres yang melanggar terpantau di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) RS Bhayangkara Jalan Kolonel H Burlian.

Selain itu terpantau juga APK Capres di Simpang Jalan Angkatan 45-Demang Lebar Daun yang dipasang stiker 'Alat Peraga Kampanye Melanggar'. APK tersebut terpantau telah dipasang sejak beberapa minggu lalu.

 Bawaslu Kota Palembang menyatakan,  penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar telah beres,  Senin (18/3).

Saat itu  Ketua Bawaslu Palembang M Taufik mengatakan,  penertiban APK yang melanggar telah selesai dilakukan.

Taufik mengimbau agar peserta pemilu untuk mentaati aturan dalam pemasangan APK. Jika ditemukan adanya pemasangan APK yang kembali melanggar pihaknya akan kembali melakukan penertiban.

"Nanti akan kembali kita tertibkan jika ada yang melanggar. Kita data dulu. Kita rapatkan untuk melakukan penertiban," katanya.

Taufik menjelaskan, berdasarkan surat edaran Bawaslu RI dan instruksi Bawaslu Sumsel pemasangan APK dilarang ditempat beretribusi seperti di billboard dan reklame.

Selain itu penertiban juga berdasarkan Peraturan Walikota Palembang nomor 17 tahun 2017 tentang pemasangan atribut publikasi individu, parpol dan calon peserta pemilu.

"Bahwa billboard dan reklame itu bukan untuk peruntukannya. Jadi instrumen yang digunakan untuk penertiban ini adalah, PKPU, Per Bawaslu, Surat Edaran Bawaslu RI dan juga peraturan lainnya seperti Perda ataupun Perwali 17 tahun 2017," ujar Taufik. [ida]

Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00