Deteksi Ketepatan Waktu..KPU Simulasi Situng

Daerah  RABU, 20 MARET 2019 , 11:55:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Deteksi Ketepatan Waktu..KPU Simulasi Situng
RMOLSumsel. Untuk mendeteksi ketepatan waktu rekapitulasi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April mendatang,Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam melakukan simulasi Sistem Perhitungan (Situng) Hasil Pemilu.

Kasubag Program dan Data KPU Kota Pagaralam Rahmad Ramadhan mengatakan, simulasi ini dilakukan serentak oleh seluruh KPU se Indonesia.

Tekhnisnya,terang Ramadhan,adalah dengan mengambil sampel 25 persen dari jumlah Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di Kota Pagaralam.

"Artinya jika di Pagaralam terdapat sebanyak 520 TPS,maka dalam simulasi ini kita ambil sampel sebanyak 130 TPS,"jelasnya, Rabu (19/3).

Jadi, kata dia, sebanyak 25 operator situng KPU Pagaralam melakukan rekapitulasi berdasarkan Form C1 yang didapatkan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk di scan kemudian hasilnya langsung dikirimkan ke KPU RI.

"Dari situ kita akan tahu seberapa panjang waktu yang digunakan oleh situng dalam melakukan rekapitulasi pada pelaksanaan pemilu mendatang,untuk lima surat suara yang digunakan,"ucapnya.

Pasalnya,Kata Ramadhan,bukan tidak mungkin pada hari H nanti akan ada kendala yang ditemukan oleh operator dalam melakukan situng,salah satunya buruknya koneksi internet.

"Makanya melalui simulasi ini,kita deteksi lebih dulu apa saja yang menjadi kendala saat operator nantinya melakukan proses situng," pungkasnya. [ida]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00