Begini Cara Pemerintah Lindungi Konsumen...

Ekonomi  SELASA, 19 MARET 2019 , 15:46:00 WIB

Begini Cara Pemerintah Lindungi Konsumen...
RMOLSumsel. Mulai September 2019, semua pelumas yang beredar di Indonesia wajib menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI). Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan SNI.

Permenperin ini diterapkan untuk meningkatkan daya saing dan utilitas industri pelumas dalam negeri sehingga dapat memenuhi peningkatan kebutuhan pelumas khususnya bagi industri otomotif nasional.

Regulasi ini juga dalam rangka perlindungan konsumen terhadap dampak negatif potensi beredarnya produk pelumas yang bermutu rendah serta dalam rangka mewujudkan persaingan usaha yang sehat antara pelaku usaha industri pelumas,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada peresmian Laboratorium Uji Pelumas PT Surveyor Indonesia di Sentul, Bogor, Jawa Barat seperti dikutip dari JPNN, Selasa (19/3).

Kemenperin juga berharap, dengan dibangunnya lab uji PT. Surveyor Indonesia, kepentingan pengujian produk pelumas dalam negeri dapat terpenuhi dan industri pelumas dalam negeri akan semakin berkembang.

Lab ini paling lengkap untuk uji pelumas. Jadi, dengan adanya lab ini, pelumas wajib SNI bisa diuji seluruh komponennya. Apalagi, PT SI baru melakukan investasi tambahan mendekati Rp 58 miliar,” tambah Airlangga.

Dia berharap melalui lab ini, utilitas industri pelumas di dalam negeri semakin meningkat. Saat ini, kapasitas produksinya sebesar dua juta liter per tahun.

Selain itu, dengan kehadiran lab ini , tidak ada alasan produsen untuk tidak menerapkan pelumas wajib SNI. Menperin mengaku telah menyiapkan sanksi tegas kepada produsen yang kedapatan menjual pelumas tidak SNI.

Sanksinya tidak bisa jualan. Selan itu, lab ini merupakan salah satu upaya memenuhi infrastruktur, serta akan mampu meningkatkan kinerja industri, terutama otomotif karena merupakan andalan era industri 4.0 bersama sektor lain,” tandas Airlangga. [ida]




Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Sosial13 Februari 2020 14:24

Aturan Baru Dana BOS, Kepala Sekolah Terancam Penjara
Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Kriminal11 Februari 2020 09:37

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

Ekonomi13 Februari 2020 16:01

Olahraga10 Februari 2020 22:23