Meseum Gua Harimau Belum Diresmikan

Daerah  MINGGU, 17 MARET 2019 , 10:14:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Meseum Gua Harimau Belum Diresmikan

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Museum Gua Harimau di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sampai saat ini belum diresmikan.

Ini lantaran masih akan dilakukan penataan dan pembuatan tempat untuk memamerkan situs-situs bersejarah yang ada.

Masih dalam penataan oleh pihak Kementerian. Jika semua sudah selesai baru akan diresmikan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Kabupaten OKU Paisol Ibrahim.

Terkait hal tersebut, beber Paisol, pihaknya diundang oleh Dirjen Kebudayaan, Mendikbud untuk membahas tindaklanjut pengoperasian museum Gua Harimau. Museum ini kata dia, nantinya akan dikelola oleh daerah.

Namun untuk operasional pembiayaan seperti Listrik, air, tenaga ahli dan sebagainya akan dilakukan oleh pihak Kementerian.

Yang menentukan tarif masuk, kita pemerintah daerah. Pengolaan museum tetap kita. Untuk pastinya kita lihat hasil pertemuan dengan pihak kementerian nanti. Yang jelas kita sama-sama tidak mau museum yang telah dibangun ini mangkrak,” kata Paisol.

Meski masih dalam satu kawasan atau lingkungan, untuk retribusi masuk ke Museum nantinya berbeda dengan diatribusi masuk ke Gua Putri. 

Nanti kita bedakan. Saat masuk ke museum juga nanti akan ada pemandu wisata untuk memberi penjelasan mengenai apa yang ada di dalam museum itu nantinya,” terang Paisol.

Disamping itu Paisol menjelaskan saat ini, perkembangan Gua Harimau menjadi Cagar Budaya, Surat Keputusa (SK Gua Harimau sebagai Cagar Budaya Nasional), sudah dalam proses pengajuan ke Mendikbud.

Kata Paisol, banyak keuntungan jika sudah ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya nasional. Satu diantaranya, selain promosi objek wisata oleh di tingkat nasional, pengelolaan untuk pengembangan, pendanaannya dikucurkan dana dari pusat. [irm]



Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00