Standar Fasilitas Pelayanan Kecamatan Di Palembang Belum Lengkap

Ombudsman Minta Lengkapi

Sosial  JUM'AT, 15 MARET 2019 , 19:58:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Standar Fasilitas Pelayanan Kecamatan Di Palembang Belum Lengkap
RMOLSumsel. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang harus segera membenahi dan melengkapi standar fasilitas di beberapa Kecamatan di kota ini. Karena, untuk mencapai good governance dalam tata pemerintahan, fasilitas pelayanan jadi hal utama.

Hal itulah yang diharapkan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (RI), Prof Amzulian Rifai SH, LLM, PhD, saat mengunjungi Kota Palembang kemarin.

"Saat ini Kota Palembang dinilai sudah berada di zona hijau, tinggal melengkapi standar fasilitas pelayanan saja," terangnya.

Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri) ini menerangkan, sudah menjadi hal wajib bagi pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Ombudsman sendiri, diberikan tugas untuk mendampingi pemerintah dalam pelayana yang sumber dananya dari baik darinAPBD maupun APBN. Karena, untuk mencapai good governance dalam tata pemerintahan di Indonesia, maka prinsip-prinsip good governance hendaknya ditegakkan dalam berbagai institusi penting pemerintahan.

"Korupsi dimulai dari tata kelola yang buruk, kalau pelayanan buruk maka peluang korupsi berada disana," sampainya.

Selain itu lanjutnya, pelayanan publik masih banyak diskriminatif, pungutan liar dan kesulitan mendapatkan layanan yanh baik menjadi problem.

"Makanya harus dilihat bagaimana cara melayani, garda terdepan dalam pelayanan adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), jadi diharapkan pelayanan harus baik meakipun zona merah dan kuning masih banyak, tapi kita siap melakukan pendampingan sesuai UU 25 Tahun 2009 tentang layanan publik, jadi kita tidak mengada-ngada dalam menjalankan tugas," tandasnya. [yip]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00