Jamaah Yakin Terjadi Perang Besar Ramadhan Ini

Sosial  KAMIS, 14 MARET 2019 , 21:55:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Jamaah Yakin Terjadi Perang Besar Ramadhan Ini
RMOLSumsel. Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyatakan, sedikitnya 52 warga Desa Watubonang, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, telah eksodus ke Malang. Mereka berupaya menyelamatkan diri dari kiamat yang akan segera datang.

Dikutip dari Kantor Berita BBC News Indonesia hari ini, Kamis (14/3), dikemukakan Bupati Ipong, ke-16 kepala keluarga yang eksodus itu merupakan mantan Thoriqoh Musa pimpinan Khotimun, yang menginformasikan perpindahan itu dilatarbelakangi ajaran Khotimun bahwa kiamat sudah dekat.

"Kalau mau selamat harus ikut ke Ponpes Miftahul Falahil Mubtadin Mubtadin. Yang kedua, Ramadhan ini akan ada perang besar maka setiap orang harus membeli pedang dari pak kiyainya (pengasuh ponpes)," kata Ipong menirukan informasi dari mantan jamaah.

Namun, Ipong mengatakan dia belum melihat bukti pedang itu. Karena dia mengatakan dirinya tidak berhak untuk menggeledah rumah jamaah.

Ipong menyebut warga juga diimbau membeli foto ketua ponpes seharga Rp1 juta untuk meredam gempa bumi di rumah mereka.

Selain itu, Ipong mengatakan, warga diduga didoktrin untuk tidak menyekolahkan anak karena tidak ada gunanya. Terkait dengan itu, Ipong mengatakan sepuluh anak jamaah sudah dikeluarkan dari sekolahnya dan kini mengikuti orang tua mereka 'berhijrah'.

Namun, lanjut Ipong, ketika hal ini dikonfirmasi ke pengurus Ponpes di Malang, mereka membantah menyebarkan ajaran-ajaran seperti itu.

Ipong mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Ponorogo tengah meminta keterangan Khotimun di Ponpes terkait informasi-informasi tersebut. Pihak kepolisian, katanya, juga tengah mencoba meminta klarifikasi Khotimun. [ida]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00