Kiamat Sudah Dekat, 52 Warga Ponorogo Eksodus

On The Spot  KAMIS, 14 MARET 2019 , 22:10:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Kiamat Sudah Dekat, 52 Warga Ponorogo Eksodus
RMOLSumsel. Karena takut kiamat segera tiba, sedikitnya 52 orang mengungsi dari Desa Watubonang, Ponorogo, Jawa Timur. Ke-16 kepala keluarga itu eksodus ke Kabupaten Malang.

Demikian dikemukakan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Kamis (14/3). "Namun demikian, keberadaan mereka sejauh ini masih belum diketahui," kata Ipong seperti dikutip dari Kantor Berita BBC News Indonesia.

Ipong mengatakan ke-52 warga itu, yang mayoritas bekerja sebagai petani, adalah jamaah Thoriqoh Musa yang dipimpin oleh seorang warga desa bernama Khotimun.

Menurutnya, mereka meninggalkan desa secara bertahap dalam waktu dua minggu belakangan.

Sebagian orang-orang tersebut, ujar Ipong, mengatakan kepada tetangganya bahwa mereka hendak "mondok" di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Falahil Mubtadin di Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, untuk mengikuti guru mereka, Khotimun, yang berada di sana.

Beberapa warga lainnya, katanya, pergi tanpa pamit saat subuh, dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Sebelum pergi, empat keluarga menjual harta benda mereka seperti rumah dan tanah. Ipong mengatakan satu keluarga menjual asetnya seharga Rp 110 juta, kata Bupati.

"Mereka ini menjadi masalah ketika ada yang menjual-jual harta dan konon katanya untuk menyelamatkan diri dari kiamat yang akan datang. Itu kan nggak masuk akal, masa ada kiamat lokal?" kata Ipong.

Ia menambahkan saat Pemerintah Kabupaten Ponorogo mencoba mencari orang-orang yang hijrah itu di Ponpes Malang, mereka tidak dapat ditemui atau dihubungi.

"Sekarang mati semua (ponselnya)," kata Ipong. [ida]

Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00